Share

Bahayakah Mobil Listrik Kehujanan Saat Charging?

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 18 Mei 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 52 2595328 bahayakah-mobil-listrik-kehujanan-saat-charging-9coon9kEUS.jpg Ilustrasi mobil listrik (dok Freepik)

MOBIL listrik memiliki komponen kelistrikan yang lebih banyak daripada mobil konvensional. Hal ini pun menimbulkan tanya, apakah mobil listrik aman digunakan saat hujan?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasan berikut:

Seperti dilansir dari laman resmi Nissan,  sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari penggunaan mobil listrik saat musim hujan. Sekalipun untuk melakukan charging.

infografis

Situasi ini tentu sudah diperhitungkan oleh pihak produsen. Untuk menghadapi situasi tersebut, idealnya pihak produsen telah memberi perlindungan khusus terhadap komponen-komponen vital pada mobil listrik.

Setiap komponen, termasuk baterai dan soket charger mobil telah dilindungi dengan segel khusus atau seal construction yang bersifat sangat kedap. Artinya, mobil listrik aman untuk digunakan saat musim hujan.

Begitu juga saat mobil dibawa ke tempat cuci mobil dengan area kolong, komponen-komponen di bawahnya akan tetap aman saat disiram dengan air. Saking amannya area kolong, bahkan cukup aman saat harus melewati genangan air.

Mobil listrik telah melalui tahap uji coba untuk memastikan tidak ada kebocoran maupun rembes dengan tekanan air besar karena memiliki pelindung khusus. Jadi, masih aman jika mobil listrik melewati genangan.

Meski demikian, bukan berarti mobil listrik bisa dipaksakan menerobos banjir. Usahakan menghindari genangan air yang tingginya mencapai lebih dari setengah ban. Jika dipaksakan, maka berisiko terjadi masalah.

Ada kemungkinan air akan masuk ke bagian-bagian berbahaya di balik kap mesin. Risikonya, mobil pun bisa mengalami mogok. Risiko tersebut juga sebenarnya bisa dijumpai pada mobil berbahan bakar mesin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini