Share

Catat! 3 Alasan Busi Mobil Harus Diganti Secara Berkala

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 18 Mei 2022 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 52 2595476 catat-3-alasan-busi-mobil-harus-diganti-secara-berkala-7x9zUW9UxO.jpg Mesin mobil (Wrench)

FUNGSI busi mobil yang utama adalah untuk memantik bunga api sebagai pembakaran di kepala silinder. Dengan fungsinya yang begitu krusial, busi menjadi komponen yang perlu mendapat perhatian lebih.

Busi mobil harus diganti secara berkala. Umumnya, usia maksimal sebuah busi dapat bertahan dalam perjalanan kendaraan yang menempuh angka hingga 45.000 kilometer. Jika lebih dari itu, busi wajib diganti.

 BACA JUGA: Pengemudi Mobil Bentley Perlu Punya SIM Sopir Truk, Ini Alasannya

Nah berikut ini adalah beberapa alasan kenapa busi harus diganti secara berkala. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak ulasan sebagai berikut, seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Memastikan Pengapian Sempurna

Busi yang tidak diganti secara berkala maka elektrodanya akan aus. Kalau sudah begini, akan mengakibatkan pengapian tak lagi sempurna yang berujung pada turunnya performa mobil. Jadi, selalu pastikan busi diganti secara berkala.

2. Menghindari boros bensin

Selain akan menyebabkan performa mobil turun, busi yang lama tidak diganti juga dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dari biasanya. Busi yang diganti tepat waktu akan membuat konsumsi bensin terjaga.

3. Menciptakan gas buang yang lebih baik

Busi yang sudah tidak bagus akan membut pembakaran di ruang bakar terganggu. Akibatnya, emisi gas buang juga akan menjadi lebih tinggi.

Ilustrasi

Mengganti busi dapat meminimalisir emisi gas yang lebih buruk. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini