Share

5 Manfaat Kuras Oli pada Mobil Matik, Bisa Minimalisir Masalah Mesin Loh

Syifa Fauziah, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 52 2595584 5-manfaat-kuras-oli-pada-mobil-matik-bisa-minimalisir-masalah-mesin-loh-SBS07Vuagx.jpg Ilustrasi oli mobil (dok Freepik)

KETIKA membeli mobil, Anda juga perlu melakukan perawatan agar mobil tetap dalam keadaan prima. Hal yang harus diperhatikan dari merawat mobil adalah kondisi ban, sistem kelistrikan, filter udara, hingga kondisi oli.

Terutama bagi Anda yang memiliki mobil matik, perawatannya harus lebih ekstra. Salah satunya mengenai komponen oli mesin pada mobil. Rupanya hal ini yang sering diabaikan oleh masyarakat. Alhasil kondisi mobil jadi tidak nyaman saat digunakan.

Untuk itu Anda perlu menguras oli mesin dan menggantinya dengan yang baru secara rutin. Pergantian secara berkala ini biasanya disesuaikan dengan kilometer pada mobil Anda.

Lantas apa sajakah manfaat kuras oli pada mobil matik? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Urbanlube:

1. Meminimalkan masalah pada mesin

Manfaat kuras oli pada mobil matik yang pertama adalah dapat meminimalisir masalah pada mesin. Ketika Anda menguras oli, kotoran yang ada pada wadah oli akan bersih kembali. Sebab oli yang terkontaminasi kotoran tidak memberikan tenaga dan pelumasan pada transmisi kendaraan.

infografis

2. Bahan bakar lebih ekonomis

Menguras dan mengganti oli secara rutin dapat membuat mesin bekerja lebih mulus dan dapat menghemat bahan bakar. Terutama untuk kendaraan yang melakukan perjalanan jarak jauh.

3. Mesin bekerja lebih optimal

Menguras oli dapat membuat cairan transmisi lebih baru dan mesin terlumasi dengan baik. Dengan begitu mesin mobil Anda akan bekerja dengan baik dan efisien.

4. Menghemat pengeluaran

Ketika Anda rutin menguras dan mengganti oli secara berkala, otomatis masalah mobil akan lebih minim dan Anda tidak membutuhkan biaya besar untuk mengatasi masalah kerusakan. Cara ini akan membantu meningkatkan umur kendaraan Anda.

5. Transmisi yang mulus

Menguras oli dapat membantu menghilangkan kotoran. Oli transmisi lama akan menyumbat persneling, yang mengakibatkan masalah perpindahan gigi. Sementara itu, jika oli pada mobil Anda bersih dapat membuat perpindahan gigi menjadi mulus dan nyaman. Anda dapat menambah dan mengurangi kecepatan dengan memindahkan gigi tanpa repot.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini