Share

Dear Riders, Ini Cara Cuci Helm Sendiri di Rumah

Bima Setiyadi, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 87 2595320 dear-riders-ini-cara-cuci-helm-sendiri-di-rumah-2WxZBkwO32.jpg Ilustrasi helm (dok Freepik)

BAGI pengendara roda dua tentunya harus memahami cara cuci helm sendiri di rumah. Selain dapat menghindarkan kuman berkembang di kepala, membersihkan helm juga berfungsi untuk mencegah kerusakan helm.

Helm merupakan perlengkapan yang harus dipakai pengendara sepeda motor.

Bila dipakai setiap hari, tentunya helm akan kotor dan kuman akan menempel. Apalagi jika terkena hujan.

Tak sedikit yang menawarkan jasa cuci helm, namun kadang keberadaan dan waktunya sulit dikases oleh pengendara.

Lalu bagaimana cara cuci helm sendiri di rumah? Berikut ulasannya dikutip dari laman suzuki:

infografis

1. Bersihkan Bagian Kaca Helm

Cara cuci helm sendiri di rumah yang pertama dilakukan adalah membersihkan bagian kaca helm. Caranya lepas bagian kaca agar bida dibersihkan secara maksimal.

2. Lepas busa dan rendam serta dijemur

Setelah kaca helm dibuka, lepas bagian busa helm. Namun bagi helm yang tidak dilengkapi dengan sistem "removable padding", jangan membuka busa karena malah akan membuat helm rusak.

Bagi busa yang sudah dibuka, segera cuci menggunakan air sabun agar kotoran pada busa bisa dibersihkan lebih mudah. Rendam kurang lebih selama 30 menit.

Setelah itu, sikat dengan lembut dan gunakan pewangi pakaian lalu bilas sampai bersih. Setelah itu jemur busa di sinar matahari yang terik agar busa bisa kering menyeluruh.

3. Cuci Bagian Luar Helm

Bagian luar helm lebih mudah saat dibersihkan. Cukup hanya dengan air bersih, untuk mencuci bagian luar helm agar cat dan stiker pada helm tidak mengelupas. Gunakan lap kering untuk mengeringkannya lalu oleskan wax pada bagian luar helm agar kembali berkilap.

4. Semprot Helm

Menggunakan Pewangi Setelah semua bagian helm yang dicopot dan dicuci kembali dipasang, cara cuci helm sendiri di rumah yang terakhir yaitu menyemprot helm menggunakan pewangi. Pilih pewangi yang mengandung anti kuman (desinfektan) supaya selain bisa meminimalisir bau juga bisa membunuh kuman yang menempel pada helm.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini