Share

Mobil Habis Pulang Mudik, Perlukah Ganti Oli?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 52 2596045 mobil-habis-pulang-mudik-perlukah-ganti-oli-Rht1tbFbh9.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

PERJALANAN mudik yang jauh tentu akan membuat mobil bekerja lebih ekstra dari biasanya. Sejumlah komponen pun tentu akan berkurang masa pakainya termasuk juga komponen oli.

Banyak yang bilang mengganti oli menjadi ritual wajib setelah mobil diajak pulang ke kampung halaman. Tapi apakah anggapan ini benar? Untuk menemukan jawabannya, simak penjelasan berikut.

Seperti dilansir dari laman Auto2000, mengganti oli mobil setelah dipakai mudik sebenarnya situasional. Umur oli dan juga jarak tempuh kendaraan bisa dijadikan patokan.

 infografis

Oli biasanya perlu diganti setiap 6 bulan sekali atau setelah jarak tempuh menyentuh 10.000km. Jika umur oli atau jarak tempuh masih kurang dari itu, maka tidak wajib untuk mengganti oli.

Hal yang justru perlu dilakukan setelah melakukan mudik adalah mengecek level dan kondisi oli mesin. Jangan asal langsung ganti oli. Kalau dirasa kualitas oli masih cukup baik maka masih bisa diandalkan.

Namun jika terjadi sebaliknya, yang biasanya baru akan terjadi ketika jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000, maka oli harus segera diganti. Jangan pernah menunda untuk mengganti komponen yang satu ini.

Kualitas oli yang buruk dapat merusak komponen kendaraan akibat adanya endapan alias kotoran dalam oli. Jika dibiarkan, maka bukan tidak mungkin akan merusak komponen pada mesin. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini