Share

Kenapa Mobil Butuh Bumper? Simak 4 Fungsinya

Andaru Danurdana, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 52 2596235 kenapa-mobil-butuh-bumper-simak-4-fungsinya-6XQKyccu3W.jpg Ilustrasi bumper mobil (indiamart.com)

BUMPER adalah komponen mobil yang kini selalu hadir di bagian depan dan belakang. Sebagai benda yang tak pernah absen dari bodi kendaraan, tentu tak heran banyak yang bertanya-tanya soal fungsi bumper mobil.

Sebagaimana diketahui, bumper mobil merupakan panel tambahan di bagian bodi yang sering tampak menjorok ke luar; baik di bagian depan maupun belakang. Banyak yang mengira bumper mobil hanyalah persoalan estetika semata; membuat bodi mobil tampak lebih lengkap dan kokoh.

Namun rupanya, bumper mobil tak cuma soal penampilan. Melansir dari laman Wuling, , berikut ini beberapa fungsi bumper mobil yang dirangkum MNC Portal.

1. Melindungi Pejalan Kaki

Tak bisa dipungkiri bahwa mobil adalah kendaraan bermotor yang menjadi ancaman terbesar pejalan kaki. Demi melindungi manusia tak bersalah di luar sana, bumper mobil hadir sebagai bantalan supaya pejalan kaki tak langsung diserang oleh tumpukan besi keras yang menyelimuti mobil.

2. Meredam Benturan

Selain untuk perlindungan pihak eksternal, bumper mobil juga berfungsi untuk melindungi bagian dalam mobil. Sebagai mesin dengan berbagai komponen penting, mobil tak bisa sembarangan terguncang dan terbentur; namun, bila hal yang tak diinginkan terjadi, benturan dari depan atau belakang yang berpotensi mengguncang mobil bisa diredam oleh bumper.

3. Membelah Angin

Satu lagi fungsi bumper mobil yang penting adalah untuk membelah angin dan membuat kendaraan menjadi lebih aerodinamis. Ketika mobil melaju kencang, besar kemungkinan terpaan angin akan membuat mobil melonjak. Di sini, bumper berfungsi sebagai pemberat sekaligus komponen yang memecah angin agar kendaraan bisa tetap menginjak tanah.

Ilustrasi

4. Rumah Komponen Ekstra

Dewasa ini, bagian depan dan belakang mobil tak jarang dilengkapi dengan fitur ekstra seperti lampu kabut atau sensor parkir. Supaya tak memakan ruang di rongga bodi mobil, beragam sistem canggih ini dipasang dalam bumper sebagai bentuk desentralisasi bobot sekaligus untuk melindungi komponen listrik dari benturan langsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini