Share

7 Tips Motor Tetap Prima Setelah Mudik Lebaran

Andaru Danurdana, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 53 2596245 7-tips-motor-tetap-prima-setelah-mudik-lebaran-GyyuaQ5arv.jpg Cuci motor (Youtube)

SELAIN mobil dan kendaraan umum, sepeda motor juga sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk mudik Lebaran. Namun, perjalanan jauh tentunya berpotensi mengurangi performa kendaraan bermotor.

Seusai perjalanan jauh seperti mudik Lebaran, ada baiknya periksa berbagai aspek dari motor kesayangan. Bagaimana caranya? Berikut ini MNC Portal berikan beberapa tips supaya motor tetap prima.

1. Cuci Motor

Setelah perjalanan jauh, tak bisa dipungkiri bahwa motor akan terlihat kotor dan penuh debu. Selain merusak penampilan sang kendaraan, debu dan kotoran juga bisa menurunkan kinerja motor. Maka dari itu, tips paling mudah dan paling utama untuk menjaga motor tetap prima adalah dengan mencuci motor secara menyeluruh.

2. Ganti Oli

Tips selanjutnya supaya motor tetap prima adalah dengan mengganti oli. Setelah mudik Lebaran, oli yang sudah berkali-kali digunakan akan menghambat kinerja mesin dan menurunkan performa motor.

Ilustrasi

Sepulang mudik Lebaran, segerakan ganti oli; baik bagi pemilik motor bertransmisi manual maupun motor bertransmisi otomatis.

3. Cek Filter Udara

Debu yang menempel di motor, selain hinggap di bodi, juga bisa menempel dan menyumbat filter udara. Supaya motor tak kehilangan tenaga dan jadi boros bensin, filter udara juga harus dirawat dan diganti dengan suku cadang baru. Tips yang satu ini sangat penting bagi yang mudik melintasi daerah basah dan berdebu.

4. Cek Busi

Sebagai pemantik mesin, busi juga perlu diperhatikan setelah perjalanan jauh. Setelah berkali-kali dipancing sepanjang perjalanan mudik Lebaran, busi bisa menjadi kotor atau bahkan rusak. Jika busi masih tampak bagus, tak perlu repot dan bisa melakukan pembersihan biasa; namun, jika ada indikasi kerusakan barang sedikit pun, cepat ganti dengan busi baru untuk mencegah hal-hal tak diinginkan.

5. Cek Unit Rem

Perjalanan mudik Lebaran tentunya penuh dengan kegiatan menarik tuas rem. Sebagai komponen keselamatan, rem sepeda motor tak boleh luput dari perhatian. Semakin sering digunakan, kampas rem akan semakin menipis dan kehilangan cengkeramannya. Jadi, setelah mudik Lebaran, jangan lupa untuk periksa kabel dan mengganti kampas rem.

6. Cek Ban

Sebagai komponen yang langsung menyentuh tanah, ban juga perlu diperiksa untuk keselamatan berkendara. Perjalanan jauh tentunya berpotensi besar mengurangi angin dan mengikis karet ban. Bila ban motor terasa tak nyaman setelah mudik Lebaran, jangan berpikir dua kali untuk isi angin atau periksa kebocoran.

7. Cek Rantai dan Gir

Tips terakhir untuk menjaga motor tetap prima adalah memeriksa komponen penggerak roda. Untuk motor bertransmisi manual, pastikan gir dan rantai tak mengendur setelah digunakan melintasi perjalanan jauh. Sedangkan untuk motor bertransmisi otomatis, pastikan roller CVT dan V-Belt masih sehat dan belum terkikis banyak-banyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini