Share

Catat! 3 Efek Buruk Isi Oli Motor Matic Terlalu Banyak

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 20 Mei 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 53 2596849 catat-3-efek-buruk-isi-oli-motor-matic-terlalu-banyak-w3zhYOzNnt.jpg Ganti oli motor matik (Okezone)

MENGGANTI oli memang menjadi ritual yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga performa mesin tetap optimal. Tetapi penting untuk diketahui bahwa takaran oli sendiri haruslah pas sesuai dengan yang direkomendasikan.

Setiap motor termasuk juga motor matic tentu memiliki takaran olinya sendiri, tidak boleh berlebih. Kenapa? Karena takaran oli yang tidak sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan akan berdampak buruk bagi mesin.

 BACA JUGA: Mobil Habis Pulang Mudik, Perlukah Ganti Oli?

Nah apa saja efek buruk isi oli motor matic terlalu banyak? Simak paparan berikut, seperti dilansir dari laman resmi Suzuki :

1. Terjadi penurunan kualitas oli

Ketika oli mesin terlalu banyak, di dalam ruang engkol oli akan menggenangi poros engkol. Akibatnya oli tidak bisa melumasi komponen mesin dengan baik dan gesekan antara komponen mesin berlangsung secara kasar.

 

Hal inilah yang berpotensi menyebabkan rusaknya kualitas oli dan keausan komponen menjadi lebih cepat.

 BACA JUGA: Telat Ganti Oli, Ini 7 Dampak Buruk Terhadap Motor

2. Langkah piston terhambat

Efek yang satu ini masih ada hubungannya dengan yang pertama. Biasanya, poros engkol tidak terendam oleh oli mesin. Sehingga gerakannya terbebas dari hambatan zat cair. Namun saat poros engkol terendam oleh cairan oli maka pekerjaan piston menjadi menjadi lebih berat.

Jika ini terjadi maka ada dua kemungkinan, RPM mesin tidak akan maksimal atau bensin menjadi lebih boros.

3. Mengganggu kopling basah

Seperti diketahui bersama, kopling berfungsi sebagai penerus putaran mesin dari poros engkol ke roda gigi mesin kemudian diteruskan ke roda belakang. Tidak hanya ada di motor manual, kopling juga ada di motor matic dengan jenis kopling basah.

 Ilustrasi

Kopling ini bekerja maksimal saat terendam oli mesin. Namun kalau rendaman ini berlebih, maka kopling berpotensi slip. Jika sampai tergenang maka gesekan menjadi semakin besar dan membuat tenaga mesin kurang serta bensin menjadi boros.

Itulah beberapa efek dari mengisi oli mesin terlalu banyak. Untuk menghindari resiko yang disebutkan di atas, cek lagi takaran oli pada motor di buku panduan. Atau bisa juga membawa motor ke bengkel resmi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini