Share

Jangan Keliru, Begini Cara Merawat Ban Serep agar Tetap Prima

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 87 2598340 jangan-keliru-begini-cara-merawat-ban-serep-agar-tetap-prima-DcGFrBMXkS.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@bursamobilbsd)

BAN serep atau ban cadangan menjadi barang yang wajib dibawa ketika perjalanan jauh. Ini akan sangat berguna ketika nantinya mendapati keadaan darurat di perjalanan.

Untuk itu, jangan pernah menyepelekan kondisi ban serep. Ban serep perlu dirawat agar kondisinya selalu terjaga sehingga ban akan siap digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

Sayangnya tidak sedikit pemilik mobil yang kurang mempedulikan kondisi ban cadangan. Sebagian bahkan ada yang tidak pernah menenggok sama sekali ban serep.

Masih banyak yang menganggap ban serep seperti hanya bagian dari aksesori atau pelengkap. Dikhawatirkan saat akan digunakan, kondisi ban serep sudah tak layak pakai.

Tips Pilih Onderdil Mobil

Sebenarnya tidak sulit untuk merawat ban serep, secara garis besar sama saja seperti merawat ban yang digunakan. Nah seperti apa caranya? Simak paparan berikut ini.

Seperti dilansir dari laman Toyota, Minggu, 22 Mei 2022 yang paling utama itu adalah menjaga tekanan udaranya tetap stabil. Setelah itu jaga juga kondisi karetnya.

Untuk menjaga material karet ban tetap baik, bisa dioleskan pelembab yang biasa digunakan untuk semir ban. Tapi bila mau maksimal, dianjurkan melakukan rotasi penggantian ban yang melibatkan ban cadangan.

Dengan begitu, tingkat keausan ban antara bagian belakang, depan, kiri, kanan, dan cadangan akan merata. Rotasi baik dilakukan khususnya bagi yang dimensi ban cadangannya sama dengan ban yang digunakan.

Adanya rotasi maka akan membuat karet dan kompon ban yang tidak pernah digunakan bisa bergerak, selain itu tingkat keausan permukaan ban juga akan merata.

Penting untuk diketahui bila banyak kejadian akibat ban cadangan yang telalu lama disimpan membuat kualitas karetnya menurun. Terutama ban yang tersimpan di bawah dek bagasi karena minimnya udara di area tersebut.

Usahakan paling tidak setiap satu bulan sekali melihat kondisi ban cadangan. Peduli terhadap kondisi ban serep bisa dibilang sama saja dengan peduli terhadap diri sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini