Share

Test Drive Performa All New Honda BR-V untuk Perjalanan Ekstrem

Agustina Wulandari , Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 15 2598954 test-drive-performa-all-new-honda-br-v-untuk-perjalanan-ekstrem-CzLSBcrMu8.jpg All New Honda BR-V. (Foto: okezone.com/Honda)

Ada banyak alasan mengapa kendaraan Low Sport Utility Vehicle (SUV) seperti All New Honda BR-V sangat diminati oleh konsumen Indonesia. Mulai dari tampang gagah, kabin lega, ground clearance tinggi, utilitas, hingga kemampuannya menjelajah berbagai medan jalan.

Meski sudah banyak perbaikan, kondisi infrastruktur jalanan di Indonesia memang menantang. Penyebabnya beragam. Mulai musim hujan dengan intensitas tinggi yang membuat jalan berlubang dan rusak, buruknya saluran drainase yang mengakibatkan luapan air ke jalan, hingga kendaraan logistik Over Dimension Over Loading (ODOL) yang berdampak buruk bagi kondisi jalan.

Maka, jangan heran jika banyak kondisi fisik jalan tol atau jalan nasional rusak dan berlubang. Belum lagi jalanan-jalanan kecil antar provinsi yang bahkan permukaannya masih tanah, kerikil, dan bebatuan.

Karena itu pula, wajar jika konsumen menginginkan kendaraan yang fleksibel. Yang memiliki ground clearance tinggi, yang punya kabin lega, tenaga besar, kuat menanjak, juga keamanan tinggi seperti All New Honda BR-V.

Joy of Traveling

Mengendarai All New Honda BR-V memang memberi rasa percaya diri tinggi. Percaya diri untuk melibas berbagai kondisi jalan.

Mereka yang suka jalan-jalan, tamasya bersama keluarga, atau mudik perlu mendapatkan rasa ”Joy of Traveling” saat mengendarai mobil mereka tidak hanya di jalanan tol antar kota seperti Trans Jawa. Tapi, juga jalanan di kota-kota kecil yang sempit, menanjak, juga berbatu.

Hill Start Assist (HSA) adalah fitur favorit di All New Honda BR-V. Fitur ini berguna sekali di jalur ekstrem. Misalnya saat menanjak di jalanan menuju Puncak yang terjal dan macet, ataupun kelokan pegunungan di Bromo, Jawa Timur.

Fungsinya untuk mencegah kendaraan mundur ke belakang ketika beralih dari pedal rem ke pedal gas ketika kendaraan berhenti di jalan menanjak. Fitur ini penting sekali ketika berpapasan di jalanan sempit, padat, dan menanjak. Pengguna tidak panik dan bisa menavigasikan kendaraannya dengan tenang.

Okezone tidak pernah menyangsikan performa mesin All New Honda BR-V saat diajak menanjak. Sebab, performa mobil tersebut bisa dibilang terbaik di kelasnya.

Mesin 1.5L i-VTEC In-line 4- silinder/DOHC/In-port injection dengan tenaga maksimal 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm @ 4.300rpm membuat All New Honda BR-V melahap berbagai tanjakan dengan leluasa. Akselerasinya gegas, tenaganya juga terasa lincah.

Performa tertinggi All New Honda BR-V dibanding kompetitor didukung oleh berbagai teknologi keamanan yang membantu pengguna merasa nyaman saat berkendara di kondisi ekstrim seperti hujan yang sangat deras.

Fitur Vehicle Stability Assist (VSA) akan mencegah kendaraan selip saat menikung. Begitupun ABS (yang mencegah roda terkunci) dan TCS (Transaction Control System) untuk membantu memastikan stabilitas kendaraan pada sebagian besar kondisi berkendara - melaju, berbelok, dan berhenti.

Kenyamanan lain yang dirasakan pengguna adalah visibilitas All New Honda BR-V yang sangat baik. Sehingga memudahkan pengendalian.

Ground clearance 220 mm dan ukuran ban besar All New Honda BR-V juga memangkas kekhawatiran saat berjumpa jalanan berlubang bahkan kubangan yang besar.

Untungnya lagi, walau karakter SUV menonjol, suspensi MacPherson Strut (depan) dan Torsion Beam (dibelakang) tetap terasa empuk dan tidak terlalu keras.

Kesimpulan setelah menggunakan All New Honda BR-V untuk melibas berbagai medan jalan, adalah bagaimana Low SUV itu memang dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Inilah mobil dengan memiliki utilitas tinggi dan sangat fleksibel. Mobil yang nyaman, irit, dan gaya saat dipakai ngantor sehari-hari, tapi juga bisa digunakan untuk tamasya ke berbagai tempat wisata saat akhir pekan. Pun, nyaman dan lega untuk mudik ke kampung halaman bersama keluarga dengan membawa segudang bawaan.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini