Share

Pengemudi Pajero Sport Arogan di Tol, Bagaimana Cara Menghadapinya?

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 52 2598549 pengemudi-pajero-sport-arogan-di-tol-bagaimana-cara-menghadapinya-ynKRc6wOxo.png Pengemudi Pajero Sport Arogan di Tol (dok Instagram)

SEBUAH postingan di media sosial viral memperlihatkan sikap arogansi seorang pengemudi Pajero Sport di jalan tol.

Video itu diunggah oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni di Instagram dilansir Okezone pada Senin (23/5/2022).

Dalam video itu, tampak dua orang tengah berseru. Satu orang berbadan tegap berkaca hitam yang diduga pengendara Mitsubishi Pajero Sport tampak mengintimidasi pengguna jalan lain yang menggunakan Toyota Yaris.

Di akhir video bahkan pria berkacamata hitam itu menampar pengendara Yaris.

infografis

Berikut keterangan postingan Ahmad Sahroni:

"Kronologisnya demikian:

.

.

Pajero udah ugal ugalan tuh di jalan tol dari kebon jeruk arah ke tomang, kejar2 an sama alphard.

Sampe pintu tol, pajero motong yaris.

Nah yarisnya gak ngasih tuh, sampe nekuk spion, pokoknya mepet2 an deh sampai depan pintu tol. Terus tiba2 supir pajero keluar tuh marah2 begitu. Emang arogan banget,

.

.

Nahh Naahh Kan ga boleh arogan atuh Bapak.. sm sm pengguna Jalan..

.

.

pake nampar pula..," tulis Ahmad Sahroni di Instagram.

Berkaca dari insiden ini, lantas bagaimana cara menghadapi sikap arogansi pengendara lain di jalan tol?

Melansir laman resmi Toyota Astra, hal pertama yang bisa dilakukan adalah tetap berlaku defensif ketika bertemu pengendara yang arogan.

Atas alasan apapun, jangan sampai terpancing emosi oleh pengemudi jenis ini.

Jika kamu terpancing provokasi, maka itu yang diinginkan oleh pengemudi arogan tadi.

Mudahnya, mereka jadi mendapatkan saluran melampiaskan emosi dan merasa ada teman bermain dengan bahaya.

Kedua, siapkan kamera untuk merekam tindakan mereka untuk bahan laporan kepada pihak berwajib atau paling tidak ada bukti pendukung.

Makanya disarankan untuk memasang dashboard camera atau dascam di mobil sebagai langkah jaga-jaga kalau timbul masalah.

Terakhir, pengemudi harus tetap tenang dan berkeselamatan.

Berkeselamatan atau safety di sini maksudnya adalah antisipasi manuver-manuver membahayakan dari pengemudi arogan, seperti memepet mobil kamu atau rem mendadak di depan.

Kendalikan emosi dan jangan melakukan sesuatu yang merugikan, seperti menabrak mobil yang mereka kemudikan dengan sengaja.

Kalau memungkinkan, datangi kantor polisi terdekat atau mobil patroli polisi lalu lintas untuk meminta perlindungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini