Share

Sebelum Membeli, Ketahui Ukuran Garasi Mobil Avanza

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 52 2598734 sebelum-membeli-ketahui-ukuran-garasi-mobil-avanza-dWynBUWCw5.jpg Toyota Avanza (dok Toyota)

YUK cari tahu ukuran garasi mobil Avanza. Mobil Toyota Avanza termasuk salah satu mobil terlaris di Indonesia. Mobil yang termasuk dalam pabrikan Daihatsu ini dikenal dengan kendaraan roda empat yang hemat bahan bakar.

Tak hanya itu, mobil golongan Low MPV atau Multi Purpose Vehicle ini juga memiliki ruang yang nyaman untuk membawa keluarga besar dan barang-barang banyak. Sebab, bagasinya sangat luas.

Tak heran bila Toyota Avanza ini kerap kali sebagai pilihan mobil keluarga. Hanya saja, sebelum berniat membeli mobil ini hendaknya mengetahui ukuran garasi yang sesuai agar mobil dapat masuk tanpa kekurangan tempat.

infografis

Jangan pernah ada niatan membeli mobil sebelum memiliki garasi. Pasalnya, telah ada aturan untuk pemilik mobil yang wajib memiliki garasi.

Aturan tersebut ada pada Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Pasal Pasal 104 ayat 1 Perda ini menyebutkan setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

Lantas, berapa ukuran garasi yang tepat untuk mobil Toyota Avanza? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Ukuran Garasi untuk Mobil Toyota Avanza

Perlu diketahui, Toyota Avanza memiliki dimensi panjang sekitar 4.140 mm (milimeter) hingga 4.200 mm, sementara lebarnya sebesar 1.660 mm, serta memiliki tinggi sebesar 1.685 mm hingga 1.695 mm.

Dari dimensi Toyota Avanza ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ukuran garasi mobil Toyota Avanza sebaiknya sediakan lahan minimal panjang 4,2 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi minimal 1,7 meter.

Namun perlu diingat pula selain dimensi, garasi yang ideal juga harus memenuhi beberapa aspek, salah satunya adalah ketersediaan sirkulasi udara yang baik. Hal ini penting sebab berfungsi untuk menghindari asap knalpot dari mobil yang masuk ke dalam rumah dan terhirup oleh anggota keluarga lainnya.

Selain itu juga garasi yang ideal juga harus memiliki cukup pencahayaan, demi memudahkan dalam beraktivitas seperti parkir hingga melakukan pengecekan kendaraan. Garasi yang ideal juga mampu memberikan perlindungan yang maksimal bagi kendaraan milikmu.

Perlindungan tersebut mulai dari sinar matahari, hujan hingga kemungkinan terjadinya tindakan kriminal, seperti pengerusakan hingga pencurian. Sehingga, jangan sembarangan saat menentukan garasi untuk mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini