Share

7 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 52 2598843 7-penyebab-tarikan-mobil-terasa-berat-begini-cara-mudah-mengatasinya-sUucaHuJJ0.jpg Ilustrasi (Fastanlow)

SAAT berkendara di mobil, pasti Anda akan mengatur kecepatan sesuai dengan kondisi jalan. Saat jalanan kosong, menggunakan kecepatan tinggi salah satu cara efektif untuk bisa cepat sampai di tempat tujuan.

Namun terkadang ada beberapa mobil yang tarikan gasnya terasa berat. Ketika Anda mengalami masalah ini, harus harus diketahui penyebabnya akan bisa segera diatasi.

Terkadang Anda pasti bingung apa yang terjadi dengan kondisi mobil yang tarikan gasnya terasa berat. Kali ini Okezone akan merangkum penyebab tarikan mobil terasa berat, seperti dirangkum dari Auto2000.

1. Kampas kopling menipis

Bagi Anda yang memiliki kendaraan manual, salah satu penyebab tarikan mobil terasa berat adalah kampas kopling yang sudah menipis. Hal itu membuat cengkraman kurang kuat pada flywheel.

 BACA JUGA: Tarikan Motor Berat Usai Perjalanan Jauh? Yuk Segera Cek 2 Komponen Ini

Ketika kampas kopling menipis, membuat fungsi kampas ganda kopling menjadi selip sehingga tarikan mobil terasa berat. Selain itu bisa juga disebabkan oleh getaran yang muncul dari bawah mobil saat sedang berjalan.

Untuk mengatasinya Anda perlu mengganti plat kopling yang baru kalau memang sudah menipis. Hal itu agar tidak muncul kerusakan lain pada flywheel dan pressure plate.

2. Bearing roda terganggu

Bearing roda memiliki fungsi sebagai bantalan roda kepada steering knuckle. Biasanya fungsi bearing roda terganggu karena kurangnya pelumasan. Hal itu membuat roda menjadi seret dan beban mobil jauh lebih berat.

 Ilustrasi

Sebaiknya selalu cek kondisi bearing roda, apakan pelumasannya sudah tercukupi atau belum. Bila belum, Anda bisa datang ke bengkel terdekat untuk diberi pelumasan.

3. Cengkraman rem terlalu kuat

Rem salah satu komponen pada mobil yang memiliki peran penting. Saat berkendara Anda harus menggunakan mobil dengan cengkraman rem yang kuat. Namun bagaimana bila cengkraman terlalu kuat? Hal itu bisa membuat mobil terasa berat. Biasanya masalah ini terjadi pada rem jenis tromol ketika pemasangannya terlalu kuat.

 BACA JUGA: Kenali 3 Penyebab Jarum Speedometer Mobil Error, Begini Cara Mengatasinya

Cara mengatasinya Anda bisa menyetel ulang rem tromol agar tidak terlalu kuat saat mencengkram ban.

4. Transmisi bermasalah

Transmisi salah satu bagian penting pada mobil. Salah satu masalah yang sering dialami adalah kesulitan dalam memindahkan gigi karena keras dan keset. Proses pemindahan gigi pun jadi terhambat

Jika mengalami masalah ini Anda perlu membawa mobil ke bengkel terdekat untuk dicek.

5. Turbo vane macet

Turbo vane berfungsi untuk katup untuk mengatur boosting udara dari turbo. Ketika turbo vane macet, aliran udara ke mesin pasti tertutup. Akibatnya mesin tidak mampu mencapai RPM maksimal walau gas sudah ditekan secara penuh. Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel terdekat.

6. Catalytic converter mampet

Catalytic converter berfungsi untuk mengubah gas buang yang bersifat beracun menjadi tidak polutan. Komponen ini dapat menyerap gas polutan dari hasil pembakaran mesin sehingga yang keluar dari knalpot lebih ramah lingkungan.

 

Hal ini tentu harus diperhatikan, sebab bila catalytic converter jarang diganti, membuat polutan yang telah terserap menjadi kerak. Akibatnya gas buang menjadi mampet dan RPM sulit mencapai maksimum akibat gas buang terhalang katalis itu. Sebaiknya lakukan penggantian atau pembersihan secara berkala di bengkel.

7. AC bermasalah

Penyebab tarikan mobil terasa berat yang terakhir adalah AC yang mengalami masalah. Biasanya hal itu terjadi karena sirkulasi AC tersumbat dan mesin menjadi berat. Kondisi ini ditandai dengan suhu AC Yang tidak sedingin biasanya. Untuk itu, Anda harus rutin mengecek kondisi mobil dan rutin service agar mobil bisa lebih nyaman saat digunakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini