Share

Mercedes Hentikan Produksi Mobil Manual pada Tahun Depan, Ini Penyebabnya

Wasis Wibowo (Koran Sindo), Koran SI · Selasa 31 Mei 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 52 2602922 mercedes-hentikan-produksi-mobil-manual-pada-tahun-depan-ini-penyebabnya-xhAFL4miE6.png Mercedes Benz (dok YouTube/Mercedes)

PABRIKAN mobil ternama Jerman Mercedes-Benz mengatakan segera menghentikan semua produksi mobil dengan transmisi manual pada 2023. Sampai saat ini masih tersisa tiga jenis mobil model manual dan Mercedes-Benz terus menyelesaikan proses peralihan ke otomatis.

Automobilwoche melaporkan Mercedes-Benz akan mengakhiri seluruh produksi model manual terakhirnya pada tahun 2023, yaitu dari kelas A-, B-, dan CLA-nya.

Menurut juru bicara Mercedes-Benz, model manual sudah tidak ada dari jajaran merek yang diluncurkan AS sejak bertahun-tahun sampai sekarang.

infografis

Model manual terakhir yang ditawarkan adalah SLK 250 pada tahun 2015. Meskipun SLK facelift (berganti nama SLC) tetap mempertahankan versi manual enam kecepatan, namun opsi tersebut tampaknya tidak ditawarkan di AS.

Dalam beberapa tahun terakhir, sistem manual mulai ditinggalkan dengan berbagai alasan, di antaranya terkait efisiensi untuk mendukung elektrifikasi hingga otomatisasi.

Namun, beberapa pabrikan Jerman persaing Mercedes-Benz tampaknya lebih lambat meninggalkan sistem transmisi tiga pedal. Misalnya Audi menunggu hingga 2019 untuk meninggalkannya dengan meluncurkan A4 edisi khusus dan BMW malah belum meninggalkannya sama sekali.

Meskipun tergolong lambat dan beberapa produk mobil EV masih dipertanyakan kinerjanya, namun beberapa produk yang masih menggunakan sistem manual masih menunjukkan reputasi yang baik.

Bahkan beberapa pabrikan masih mengandalkan sistem manual yang mumpuni, seperti Acura, Hyundai, Nissan, dan Toyota.

Mobil dengan harga yang lebih terjangkau tetap mempertahankan sistem tiga pedal sehingga sistem transmisi manual tidak mungkin sepenuhnya hilang. Tentu ini menjadi ceruk pasar tersendiri dalam persaingan mobil otomatis yang saat ini pasar di dunia masih belum stabil.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini