Share

Kenali 5 Cara Merawat Radiator Mobil Agar Tetap Optimal

Andaru Danurdana, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 52 2603389 kenali-5-cara-merawat-radiator-mobil-agar-tetap-optimal-orgeP2OFvR.jpg Mengisi air radiator (Huffingtonpost)

RADIATOR mobil adalah komponen penting yang punya tugas untuk menjaga suhu mesin agar tak terlampau tinggi. Sebagaimana bagian kendaraan lainnya, radiator mobil juga perlu dirawat supaya tahan lama dan tidak rewel ketika diajak jalan-jalan.

Butuh referensi cara merawat radiator mobil? Berikut ini MNC Portal Indonesia berikan lima langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga radiator mobil tetap optimal.

1. Cek Volume Air Radiator

Cara merawat radiator mobil yang pertama adalah mengecek volume air radiator. Selayaknya sistem pendingin, radiator membutuhkan cairan yang perlu disirkulasikan untuk menjaga suhu mesin. 

Maka dari itu, volume air radiator adalah bagian vital yang harus diperiksa secara berkala supaya mesin bisa tetap bersuhu stabil; jangan sampai kurang melampaui batas.

2. Menguras Tangki Radiator

Cara merawat radiator mobil yang ke-dua adalah menguras tangki radiator. Sebagai komponen yang menampung cairan, tangki radiator tentunya punya potensi mengalami korosi atau pelapukan.

Tiap dua pekan sekali, baiknya tangki radiator dibersihkan dengan cara dikuras supaya bisa terhindar dari karat.

3. Perhatikan Tutup Radiator

Cara merawat radiator mobil yang selanjutnya adalah memerhatikan tutup radiator. Sebagaimana tangki cairan, radiator juga harus ditutup secara rapat supaya menghindari kebocoran dan oksidasi.

Pasalnya, jika air radiator tumpah dan dinding tangki berkarat, maka sistem pendingin mesin mobil tak akan bekerja secara optimal.

4. Perhatikan Jenis Air Radiator

Cara merawat radiator mobil yang berikutnya adalah memastikan jenis air radiator yang digunakan. Supaya tahan lama, radiator tak bisa diisi air sembarangan.

Alih-alih menggunakan air keran yang berisi zat besi dan berpotensi menimbulkan karat, baiknya gunakan air khusus radiator supaya tangki awet.

Ilustrasi

5. Gunakan Coolant

Cara merawat radiator mobil yang terakhir adalah menggunakan coolant. Selain disarankan menggunakan air khusus, radiator juga harus diisi coolant yang berfungsi untuk mengangkat karat dan kotoran yang mengeras di dinding tangki.

Tak hanya itu, coolant juga bisa membantu radiator menjaga suhu mesin dengan lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini