Share

Begini Cara Mudah Merawat Kopling Mobil dan Motor Agar Tetap Awet

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 52 2603900 begini-cara-mudah-merawat-kopling-mobil-dan-motor-agar-tetap-awet-G14Uf35AGP.jpg Pedal kopling (Auto2000)

MERAWAT komponen kopling baik mobil dan juga motor sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Asalkan tahu caranya, maka perawatan keduanya sama-sama bisa dilakukan dengan sangat gampang.

Untuk diketahui, merawat kopling merupakan ritual wajib yang mesti dilakukan. Pasalnya komponen satu ini berhubungan langsung dengan transmisi dan fungsinya besar untuk bisa membuat kendaraan berjalan.

 BACA JUGA:Cara Deteksi Kerusakan Kopling Mobil Manual

Kopling yang bermasalah tentu akan merugikan pengendara. Selain motor menjadi tidak bisa jalan, jika masalah sudah terlalu parah maka akan membuat kantong menjadi jebol karena harus melakukan perbaikan.

Nah agar tidak terjadi demikian, berikut ini adalah tips merawat kopling mobil dan motor, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (1/6/2022):

 Ilustrasi

Merawat kopling mobil

Agar kondisi kopling mobil selalu terjaga, hindarilah kebiasaan menahan setengah kopling. Pasalnya ini akan membuat kopling menjadi cepat rusak. Lama kelamaan plat kopling bisa panas dan terbakar dan menyebabkan bau sangit.

 BACA JUGA:Mengenal Fungsi Kampas Kopling dan Komponennya

Selanjutnya adalah biasakan untuk memulai dengan gigi terendah. Menggerakkan mobil dari gigi 2 bisa membuat kerja kopling menjadi lebih berat yang akan membuat plat kopling bisa menjadi aus.

Kemudian sebisa mungkin ketika macet posisikan mobil di gigi N. Kopling yang diinjak dalam waktu lama saat mobil berhenti lama kelamaan bisa panas dan transmisi akan sulit pindah akibat selip plat kopling.

Merawat kopling motor

Merawat kopling motor pada dasarnya sama dengan merawat kopling mobil. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kinerja kopling bisa menjadi maksimal yaitu dengan memasukan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel koping.

 

Masukan cairan pelumas melalui tuas pada bagian handling kopling. Setelah memasukkan cairan, tarik handing kopling perlahan beberapa kali. Langkah ini bisa dilakukan untuk membuat enteng tarikan kopling sekaligus membersihkan kompinen kopling.

Itulah tips merawat kopling mobil dan motor. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini