Share

Pemicu Temperatur Mesin Mobil Cepat Naik

Tangguh Yudha, MNC Portal · Senin 06 Juni 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 52 2605890 pemicu-temperatur-mesin-mobil-cepat-naik-0NYtL3ObLY.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

SEBAGIAN besar pemilik mobil mungkin pernah mengalami mesin mobil cepat panas. Ini sebenarnya bukan tanpa alasan, ada beberapa penyebab yang menjadi pemicunya.

Nah bagi yang sering mengalami masalah ini, penting untuk mengetahui berbagai penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka akan bisa cepat melakukan penanganan.

Berikut ini adalah pemicu temperatur mesin mobil cepat naik, seperti dilansir dari blog Auto2000:

1. Kebocoran radiator

Temperatur mobil tiba-tiba naik turun secara drastis, maka disinyalir ada kerusakan pada bagian radiator. Salah satu penyebab temperatur mobil naik akibat radiator adalah kebocoran.

Jika sudah bocor, maka pastinya sistem pendinginan tidak bisa bekerja optimal. Radiator bocor biasanya terjadi karena korosi pada bagian kisi-kisinya.

Kalau sudah begini, lama-lama maka logam radiator akan semakin terkikis dan menyebabkan kebocoran. Alhasil, cairan pendingin di radiator akan terbuang dan tidak melakukan fungsinya.

 infografis

Fan belt adalah tali kipas punya peran penting menjaga suhu dalam mesin kendaraan. Bila tali ini tidak bekerja optimal, maka akibatnya panas mesin mobil tidak dapat dihindari.

Penyebab temperatur mobil naik pun bisa disebabkan oleh kipas pendinginnya sendiri. Bisa karena kipas yang sudah kotor, macet, lemah, dan switching-nya mati.

Selain itu, pahami juga tugas dan fungsi timing belt. Jika komponen ini rusak maka proses pemabakaran dalam mesin akan ikut terhambat juga.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Motor kipas bermasalah

Supaya bisa bekerja maksimal, bagian kipas pada radiator kendaraan membutuhkan motor penggerak yang akan menggerakkan baling-balingnya.

Pada kipas jenis elektrik, motor penggerak ini memiliki fungsi sangat krusial karena menjadi satu-satunya sumber pemicu gerakan baling-baling kipas.

Kalau saja motor kipas ini bermasalah, maka sudah pasti kipas tidak akan bergerak dan sistem pendinginan temperatur tidak dapat dilakukan.

4. Salah pakai air radiator

Pemilihan air radiator pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Tidak menggunakan jenis cairan yang direkomendasikan, maka hal tersebut akan menjadi penyebab temperatur mobil naik.

Memang, kebanyakan orang awam masih belum menyadari kalau air radiator adalah cairan khusus yang tidak boleh diganti secara sembarangan.

Paling parah, ada pemilik kendaraan yang mengisi air radiator dengan air tanah, air sumur, atau air mineral biasa saat kehabisan cairan di dalam radiator.

Padahal, ketiga cairan tersebut mengandung logam dan mineral yang bisa memicu penyumbatan mesin. Karenanya, selalu pastikan membawa cairan pendingin khusus untuk berjaga-jaga.

5. Oli kotor atau rusak

Penyebab temperatur mobil naik juga bisa berasal dari oli. Untuk diketahui, oli sendiri tidak hanya sebagai pelumas mesin, tapi juga pendingin dan penyekat di dalam ruang mesin.

Kompresor AC kurang oli juga bisa membuat AC mobil menjadi panas dan pastinya mempengaruhi kinerja mesin juga. Untuk itu, ada baiknya jika mengetahui gejalanya.

Kalau salah memilih oli, misalnya memilih jenis yang kurang berkualitas, maka hal tersebut dapat meningkatkan gesekan antar logam dengan mesin sehingga menimbulkan suhu tinggi.

Ini terjadi karena oli mudah menguap saat terkena suhu panas sehingga tidak bisa melindungi mesin dari gesekan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini