Share

Hati-Hati, Ini Efek Buruk Malas Bersihkan Evapator AC Mobil

Tangguh Yudha, MNC Portal · Selasa 07 Juni 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 52 2605891 hati-hati-ini-efek-buruk-malas-bersihkan-evapator-ac-mobil-rhSEDyCnTp.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

EVAPATOR memiliki peran yang sangat penting untuk sistem pendinginan mobil. Komponen yang ada di AC ini berfungsi menyerap udara panas untuk kemudian dihembuskan menjadi udara dingin.

Meskipun jelas evaporator AC mobil memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang keadaan sirkulasi udara di dalam mobil, sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang malas membersihkannya.

infografis

Memang, sangat wajar untuk debu dan kotoran ikut masuk ke evaporator melalui hisapan blower yang terhubung dengan komponen tersebut. Namun, agar tidak semakin mengurangi kenyamanan pastikan rutin membersihkannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Membersihkan evapator AC mobil bisa dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang bisa didapat di pasaran. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah keluarkan dulu filter AC.

Sikat dengan halus setiap kotoran yang terlihat. Perhatikan setiap seluk beluk dari filter evaporator. Gunakan kompresor atau air can untuk meniup kotoran keluar. Jika sudah terlalu kotor, maka sebaiknya ganti yang baru.

Semprotkan cairan pembersih pada bagian evaporator. Semprotan ini akan membentuk busa. Biasanya akan disediakan selang kecil agar bisa menjangkau bagian yang lebih dalam. Jangan lupa bersihkan juga blowernya.

Jika semuanya sudah dibersihkan, maka ncoba nyalakan AC untuk mengecek apakah apakah AC sudah menghembuskan udara yang dingin atau belum. Jika sudah, maka proses pembersihan yang dilakukan berhasil.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini