Share

Yuk, Kenali Arti Kode Sekring Mobil pada Kabin dan Ruang Mesin!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 52 2607090 yuk-kenali-arti-kode-sekring-mobil-pada-kabin-dan-ruang-mesin-oogHeJerGO.jpg Ilustrasi sekring (Ist)

ARTI kode sekring mobil penting untuk dipahami agar ketika kelistrikannya mengalami masalah dapat dengan mudah melakukan penanganan. Seperti diketahui kelistrikan mobil sangatlah kompleks, kode sekring mobil ini perlu dipelajari.

Sekring mobil memiliki kode-kode tertentu yang menunjukkan besaran daya dan komponen mengalirnya arus listrik. Kode sekring juga berbeda-beda menurut keberadaannya, misalnya saja pada bagian kabin dan ruang mesin.

Berikut ini adalah arti kode sekring baik yang berada di bagian kabin maupun ruang mesin yang perlu diketahui para pemilik mobil, seperti dilansir dari laman resmi Suzuki, Selasa (7/6/2022).

Kode Sekring Pada Kabin

Pada umumnya, kode sekring mobil terdapat pada kabin di bawah kemudi berbentuk kotak kecil. Jika dilihat dengan seksama, maka terdapat kode-kode pada sekring di dalamnya. Ini dia beberapa kode sekring yang biasa ada pada bagian kabin.

 BACA JUGA: Benarkah Posisi Duduk Menyetir Mobil Pengaruhi Keselamatan Berkendara?

- POWER

Kode POWER merupakan kode sekring untuk komponen Power Window. Untuk tegangan yang dimiliki komponen ini yaitu 30 Ampere.

- (HTR SUB)

(HTR-SUB) adalah kode sekring yang terdapat pada sistem injeksi bakar sequential multisport. Beberapa sirkuit terkait lainnya antara lain sistem air conditioner. Tegangan yang dimiliki pada bagian ini adalah 7.5 Ampere.

 ilustrasi

- IG1/BACK

Kode sekring ini menunjukkan sistem kelistrikan yang ada di piranti mobil. Misalnya flasher darurat, sistem starting, lampu mundur, meter, dan sistem air conditioner. Tegangan arus listrik rata-rata yang dimiliki bagian-bagian tersebut adalah 7.5 A.

- ECU IG1

Kode ECU IG1 adalah kode sekring yang terdapat di beberapa komponen di dalam mobil. Contohnya pada SRS airbag system, anti-lock brake system, dan electric power steering. Tegangan arus listrik yang dimiliki pada komponen-komponen tersebut yaitu 7.5 A.

- (DEF)

Kode sekring (DEF) terpasang pada defogger kaca belakang. Tegangan arus listrik yang dimiliki yaitu mencapai 20 Ampere.

- (D/L)

Sedangkan kode sekring (D/L), terdapat di sistem power door lock atau sistem penguncian pintu mobil. Tegangan arus listrik pada bagian tersebut yaitu 15 Ampere.

 BACA JUGA: Hati-Hati, Ini Efek Buruk Malas Bersihkan Evapator AC Mobil

- HAZARD

HAZARD adalah kode sekring yang ada pada lampu sein atau lampu tanda belok pada bagian kemudi mobil. Tegangan arus listriknya sebesar 10 Ampere.

- (CIG)

Untuk kode sekring (CIG) biasa terdapat pada power outlet (cigarette lighter) dengan ketegangan arus sebesar 15 Ampere.

- ACC

ACC merupakan kode sekring yang terpasang di beberapa komponen, seperti sistem audio, shift lock control system, dan sistem kaca spion luar. Tegangan arus listrik pada bagian-bagian tersebut berkisar antara 10 Ampere.

- ST

Kode sekring ST juga terdapat di beberapa komponen. Contohnya pada sistem injeksi bahan bakar multisport atau sequential multisport, dan pada starter. Tegangan arus pada komponen-komponen itu sekitar 7.5 A.

- (FR-FOG RH)

Kode sekring ini terpasang di bagian fog lamp atau lampu kabut sebelah kanan dengan tegangan arus listrik 7.5 A.

- (FR FOG LH)

Sedangkan kode sekring ini terpasang di bagian fog lamp atau lampu kabut sebelah kiri dengan tegangan arus listrik yang sama, yaitu 7.5 A.

- E/G

Kode sekring E/G terdapat di bagian sistem injeksi bahan bakar, kipas pendingin elektrik, dan pompa bahan bakar. Tegangan arus listriknya sekitar 10 A.

- ECU IG2

Kode sekring ini terpasang pada meter, sistem kontrol shift lock, dan transmisi otomatis dengan ketegangan arus listrik 10 A.

- (A/C NO.2)

Kode sekring (A/C NO.2) terdapat di bagian sistem air conditioner atau AC mobil dengan tegangan 10 A.

- FR WIP

FR WIP merupakan kode sekring pada wiper dan washer kaca bagian depan dengan tegangan arus listrik 20 A.

- (RR WIP)

Sedangkan (RR WIP) adalah kode sekring pada wiper dan washer bagian belakang dengan tegangan arus listrik 15 A.

 ilustrasi

Kode Sekring Pada Ruang Mesin

Bagian mobil yang juga ada sekringnya yaitu pada ruang mesin. Pemilik mobil sebaiknya memahami lebih lanjut arti kode sekring mobil yang terdapat ruang mesin mobil tersebut. Ini dia arti kode sekring yang ada pada ruang mesin.

- H-LP RH

Kode sekring ini terdapat di bagian lampu headlamp atau lampu utama sebelah kanan dengan tegangan arus listrik 10 A.

- H-LP LH

Sedangkan H-LP LH adalah kode sekring di bagan lampu headlamp atau lampu utama sebelah kiri dengan tegangan arus listrik 10 A juga.

- (ABS NO.2)

Kode sekring ini terpasang pada sistem otomatis mobil yaitu anti-lock brake system dengan tegangan arus listrik mencapai 30 A.

- EFI

EFI adalah kode sekring ruang mesin yang terpasang di sistem injeksi bahan bakar dan pompa bahan bakar. Tegangan arus listriknya sebesar 15 A.

- (A/C NO.1)

Kode sekring di ruang mesin ini terpasang di sistem air conditioner atau AC mobil dengan tegangan arus listrik 10 A.

- TAIL

TAIL merupakan kode sekring yang terpasang di lampu posisi depan, lampu kabut depan, lampu belakang, lampu plat nomor polisi, dan sistem injeksi bahan bakar. Tegangan arus listrik pada semua komponen tersebut masing-masing 10 A.

- HORN (KLAKSON)

Kode ini merupakan kode sekring pada bagian klakson mobil yang memiliki tegangan arus listrik sebesar 10 A.

- ECU-B

ECU-B adalah kode sekring untuk transmisi otomatis dengan tegangan 10 A.

- STOP

STOP adalah kode sekring pada lampu rem, lampu rem high mounted, lampu interior, sistem injeksi bahan bakar, sistem control shift-lock, dan anti-lock brake system dengan tegangan 10 A.

- BACK UP

Kode sekring ini terdapat pada sistem audio, sistem diagnosis on-board, dan meter dengan tegangan arus listrik 10 A.

- HTR

HTR juga merupakan kode sekring yang terdapat pada sistem air conditioner dengan tegangan mencapai 40 A.

- SPARE (CADANGAN)

Kode sekring ini terdapat di spare cadangan yang tegangan arus listriknya bervariasi, antara lain 7.5, 10, dan 15 A.

- EPS

EPS adalah kode sekring yang ada di electric power steering dengan ketegangan arus listrik hingga 50 A.

- (ABS NO.1)

Kode (ABS NO.1) ini terdapat di anti-lock brake system dengan tegangan arus listrik sebesar 40 A.

- RAD

Sedangkan RAD adalah kode sekring yang terpasang di kipas pendingin radiator elektrik dengan ketegangan 30 A.

Itulah arti kode sekring pada mobil. Untuk diketahui, biasanya masalah kelistrikan mobil yang sering terjadi yaitu sekring putus. Dengan mengetahui arti kode sekring mobil, maka perbaikan bisa dilakukan secara mandiri. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini