Share

13 Tips Bikin Irit Konsumsi BBM Mobil, Jangan Sampai Boncos!

Tangguh Yudha, MNC Portal · Kamis 09 Juni 2022 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 52 2607798 13-tips-bikin-irit-konsumsi-bbm-mobil-jangan-sampai-boncos-gkC7Ctc8kW.jpg ilustrasi (stutterstock)

HARGA bahan bakar minyak atau BBM kini makin mahal. Bahkan wacana kenaikan harga BBM makin mengemuka. Artinya pengguna mobil harus bersikap hemat agar tak boros pengeluaran.

Mengirit konsumsi BBM pada mobil bisa dilakukan dengan beberapa kiat berikut :

1. Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin mobil sangat penting karena dapat membuat putaran mesin menjadi stabil. Putaran mesin yang tidak stabil akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang cukup besar.

 BACA JUGA: 7 Penyebab Mobil Boros BBM, Jangan Dianggap Sepele!

2. Menambah Kecepatan Secara Bertahap

Menginjak pedal gas secara tiba-tiba akan membuat konsumsi BBM menjadi sangat besar. Untuk itu lakukan secara perlahan hingga mencapai kecepatan yang diinginkan.

 ilustrasi

3. Mempertahankan Kecepatan Laju Kendaraan

Mempertahankan kecepatan maksudnya ialah membuat laju kendaraan menjadi stabil dan konsisten. Jangan pernah memacu kecepatan tinggi kemudian mendadak menginjak pedal rem.

Ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu penting untuk selalu meperhatikan kecepatan kendaraan dan mempertahankan kecepatan.

Perhitungkan juga jarak mobil yang satu dengan yang lain supaya Anda tidak perlu rem mendadak. Hal ini akan membuat BBM lebih efisien dan menjaga keselamatan selama berkendara.

4. Menggunakan AC pada Suhu yang Wajar

Mengatur suhu AC ke tingkat maksimal akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak. Atur suhu AC dengan bijak, sesuaikan dengan kebutuhan supaya konsumsi BBM efisien.

5. Mematikan Mesin saat Berhenti dalam Waktu yang Lama

Mesin yang menyala tentu akan mengonsumsi bahan bakar. Meskipun kendaraan dibiarkan diam dan tidak melaju, BBM akan terus dikonsumsi supaya mesin bisa menyala.

 BACA JUGA: Cara Hemat Konsumsi BBM Innova Diesel, Ini Tipsnya

Ada baiknya mematikan mesin jika tidak berjalan selama 20 menit sampai 30 menit.

6. Mengurangi Penggunaan Kendaraan untuk Jarak Dekat

Menggunakan kendaraan untuk jarak dekat dapat membuat konsumsi bensin tidak efektif karena catalytic converter belum beroperasi sebagaimana mestinya.

 

Catalytic converter baru dapat beroperasi sempurna saat melakukan perjalanan lebih dari 5 km. Untuk itu, kalau perjalanan dekat tidak perlu menggunakan mobil.

7. Menggunakan Gigi yang Tepat

Persneling yang ada di mobil harus digunakan sesuai laju kecepatan supaya mesin kendaraan bisa bekerja sesuai fungsinya. Namun tidak hanya karena mesin, penggunaan gigi yang tepat juga akan membuat konsumsi BBM menjadi efisien.

Contohnya penggunaan gigi empat atau lima pada saat menanjak akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang boros.

Follow Berita Okezone di Google News

8. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mobil

Kebanyakan mobil tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum mengendarainya, terlebih jika mobil baru. Hal itu hanya akan membuang bahan bakar.

Nyalakan mobil ketika siap untuk pergi. Ketika sudah di jalan, upayakan matikan mesin mobil ketika terhenti akibat lampu merah yang lama atau karena kemacetan yang panjang.

9. Jangan Ngebut

Konsumsi bahan bakar mobil akan meningkat jika kecepatan mobil sudah lebih dari 90 km/jam. Sekali lagi upayakan mengendarai mobil dengan kecepatan konstan.

10. Lepaskan Bagian Eksterior Mobil yang Kurang Penting

Bagian tambahan pada bagian eksterior mobil seperti atap, spoiler, atau membiarkan jendela terbuka, menimbulkan hambatan udara, dan meningkatkan konsumsi penyerapan bahan bakar pada mobil. Lepaskan jika ingin irit bensin.

 ilustrasi

11. Perhatikan Tekanan Angin pada Ban

Ban kempes/kurang udara juga menjadi penyebab mobil lebih boros bahan bakar. Perhatikan tekanan angin pada ban karena selain akan menghemat BBM, juga akan memperpanjang usia ban.

12. Perhatikan beban mobil

Semakin banyak beban yang dibawa mobil, maka semakin besar juga penyerapan bahan bakarnya. Keluarkan barang-barang berat yang tidak terlalu penting berada di mobil.

13. Jagalah Mobil dalam Kondisi Prima

Servis rutin secara berkala. Ini akan menjaga kondisi mobil tetap prima. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan untuk mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini