Share

Ingat! Ini Loh Sanksi Parkir Mobil Sembarangan di Pinggir Jalan

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 11 Juni 2022 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 52 2609036 ingat-ini-loh-sanksi-parkir-mobil-sembarangan-di-pinggir-jalan-IrriWHzWGG.jpg Tetangga Ngamuk Tak Terima Dilaporkan Gara-Gara Parkir Sembarangan (dok Instagram)

KEMBALI terjadi warga perumahan yang parkir mobil sembarangan di pinggir jalan hingga berujung cekcok antar tetangga.

Melansir akun Instagram @under.cover.id, video rekaman CCTV menunjukkan warga yang cekcok akibat parkir di depan rumah.

Seorang pemilik kendaraan mengeluhkan tetangganya yang parkir di jalan sempit akibat tidak memiliki garasi.

Namun, tetangganya tidak mengindahkan teguran tersebut dan justru balik marah.

infografis

Berkaca dari insiden ini, sebaiknya pemilik mobil mengingat sanksi parkir sembarangan di pinggir jalan.

Melansir Auto2000, Pemerintah sudah mengatur mengenai parkir kendaraan. Tertuang dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 287 ayat 1.

Pasal itu berbunyi, parkir sembarangan dengan melanggar rambu-rambu atau marka dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp500.000.

Selain UU LLAJ, diatur juga oleh Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan (PP Jalan), yang berbunyi: “Setiap orang dilarang memanfaatkan ruang manfaat jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34, Pasal 35, Pasal 36, dan Pasal 37 yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan.”

Menurut PP Jalan, yang dimaksud dengan “terganggunya fungsi jalan” adalah berkurangnya kapasitas jalan dan kecepatan lalu lintas antara lain menumpuk barang/benda/material di bahu jalan, berjualan di badan jalan, parkir, dan berhenti untuk keperluan lain selain kendaraan dalam keadaan darurat.

Khusus di Jakarta, aturan tentang perparkiran juga tertuang dalam Pasal 140 Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2012 tentang Perparkiran (Perda DKI Jakarta 5/2012), yang berbunyi: (1) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi. (2) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan. (3) Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini