Share

Catat! Ini Efek Buruk Rem Cakram Mobil jika Tidak Dibersihkan

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 12 Juni 2022 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 11 52 2609741 catat-ini-efek-buruk-rem-cakram-mobil-jika-tidak-dibersihkan-1GOEdfF5vs.jpg Rem mobil (Car From Japan)

REM merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Rem berfungsi untuk mengurangi laju mobil. Tanpa rem, tentu akan mendatangkan bahaya bagi pengendara.

Rem mobil tak terkecuali rem cakram wajib hukumnya untuk selalu dalam kondisi terbaik. Rem cakram perlu dibersihkan secara rutin karena jika tidak maka dapat menimbulkan efek buruk.

 BACA JUGA:Mengenal 3 Jenis Rem Cakram Mobil dan Cara Kerjanya

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan mengatakan bahwa jika rem tidak dibersihkan, setidaknya ada dua hal buruk yang mungkin terjadi.

"Kalau sistem rem itu tidak dirawat, maka akan menyebabkan dua hal. Pertama, rem itu bisa macet, kedua adalah rem itu bisa tidak berfungsi sama sekali atau blong. Keduanya sama berbahayanya," katanya seperti dilansir dari laman Auto2000.

 Ilustrasi

Ia menjelaskan bahwa rem cakram seiring dengan penggunaannya, maka kotoran-kotoran di rem akan menumpuk. Ini harus dibersihkan secara rutin agar kondisinya selalu terjaga.

Kotoran yang dibiarkan menumpuk bisa mengakibatkan masalah rem macet. Rem akan mengunci terus-menerus walaupun pedalnya tidak diinjak. Kondisi ini juga akan menyebabkan rem panas.

 BACA JUGA: 6 Cara Mudah Merawat Rem Cakram Motor Agar Tetap Optimal  

"Maka dampaknya adalah komponen remnya juga bisa rusak, bisa bearingnya rusak, kalipernya rusak, as rodanya juga bisa rusak kemudian biaya perbaikannya membengkak. Tentunya saat mengendarai tidak nyaman," terang Suparna.

Ia juga menyebut bahwa kondisi rem yang mengunci atau macet akan membuat konsumsi bahan bakar jadi sangat boros. Jika dibiarkan terus menerus tentu mobil tidak akan enak dan nyaman dikendarai.

Selain rem cakram mobil yang macet atau mengunci, dampak dari malas medawat rem cakram mobil berikutnya yang sangat mengerikan adalah rem yang tidak berfungsi mengurangi kecepatan sama sekali.

"Karena tidak pernah dirawat, sil remnya bisa bocor dan fluidanya atau minyak remnya habis. Saat direm, pedalnya terasa ringan sekali, ternyata tidak ada pengereman. Bahaya sekali, bisa nyawa taruhannya," jelas Suparna.

Untuk itu jangan pernah menyepelekan kondisi rem cakram mobil. Meskipun komponen satu ini poisinya agak tersembunyi di balik velg, namun perawatannya tak boleh diabaikan. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini