Share

Jarang Diketahui, Ini Loh Pengelompokan Jalan Berdasarkan Kelas

Tangguh Yudha, MNC Portal · Selasa 14 Juni 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 52 2611171 jarang-diketahui-ini-loh-pengelompokan-jalan-berdasarkan-kelas-KU9W6Ne4Ik.jpg Ilustrasi jalan (dok Freepik)

KLASIFIKASI jalan raya berdasarkan status dan kelas nyatanya jarang diketahui pengendara.  Padahal Hal ini tertuang dalam undang-undang tentang Jalan.

Nah bagi yang penasaran terkait klasifikasi jalan raya berdasarkan status dan kelasnya, simak penjelasan berikut ini, seperti dilansir dari blog Dinas Pekerjaan Umum, Selasa (14/6/2022).

Kelas jalan diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Jalan dikelompokkan dalam beberapa kelas berdasarkan:

- Fungsi dan intensitas lalu lintas guna kepentingan pengaturan penggunaan jalan dan kelancaran lalu lintas angkutan jalan.

- Daya dukung untuk menerima muatan sumbu terberat dan dimensi kendaraan bermotor.

Untuk pengelompokan jalan menurut kelas jalan sendiri terdiri dari Jalan Kelas I, Kelas II, Kelas III, dan Kelas khusus. Berikut ini adalah paparan lengkapnya.

Jalan Kelas I

Jalan Kelas I adalah jalan arteri dan kolektor yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 18.000 milimeter, ukuran paling tinggi 4.200 milimeter, dan muatan sumbu terberat 10 ton.

 infografis

Jalan Kelas II

Jalan Kelas II adalah jalan arteri, kolektor, lokal, dan lingkungan yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang tidak melebihi 12.000 milimeter, ukuran paling tinggi 4.200 milimeter, dan muatan sumbu terberat 8 ton.

Jalan Kelas III

Jalan Kelas III adalah jalan arteri, kolektor, lokal, dan lingkungan yang dapat dilalui kendaraan bermotor dengan ukuran lebar tidak melebihi 2.100 meter, ukuran panjang tidak melebihi 9.000 milimeter, ukuran paling tinggi 3.500 milimeter, dan muatan sumbu terberat 8 ton.

Dalam keadaan tertentu daya dukung Jalan Kelas III dapat ditetapkan muatan sumbu terberat kurang dari 8 ton.

 infografis

Jalan Kelas Khusus

Jalan Kelas Khusus adalah jalan arteri yang dapat dilalui kendaraan kermotor dengan ukuran lebar melebihi 2.500 milimeter, ukuran panjang melebihi 18.000 milimeter, ukuran paling tinggi 4.200 milimeter, dan muatan sumbu terberat lebih dari 10 ton.

Untuk diketahui, penetapan kelas jalan pada setiap ruas jalan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas. Dengan mengetahui kelas jalan, maka diharapkan dapat lebih bijak dalam menggunakan jalan. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini