Share

Rp150 Juta Raib, Begini Cara Menghindari Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil

Kurniawati Hasjanah, Okezone · Jum'at 17 Juni 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 52 2613182 rp150-juta-raib-begini-cara-menghindari-pencurian-bermodus-pecah-kaca-mobil-MGLP9uw4sl.png Ilustrasi kaca mobil (dok Freepik)

KEMBALI terjadi pencurian bermodus pecah kaca mobil. Kali ini dialami Riyanto di Madiun, Jawa Timur pada Kamis 16 Juni 2022.

Insiden itu berawal ketika Riyanto memarkir mobil di depan salah satu kantor pemasaran perumahan.

Lalu, pencuri memecah kaca mobil saat Riyanto masuk ke dalam kantor pemasaran perumahan tersebut.

Sekitar 15 menit kemudian, korban keluar dari dalam kantor dan sudah mendapati kaca mobil di pintu tengah sebelah kiri pecah.

infografis

Alhasil, uang tunai Rp150 juta yang disimpan di jok tengah kendaraan pun raib dicuri.

Berkaca dari insiden ini, berikut beberapa cara menghindari pencurian modus pecah kaca mobil:

Melansir dari Antara, Polda Metro Jaya punya lima tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari pencurian modus pecah kaca mobil.

1. Parkir di tempat aman

Saat parkir di tempat umum, sebaiknya mobil diparkirkan di tempat yang cukup ramai dan mudah dipantau oleh pemilik mobil. Memang sebaiknya hindari parkir di tempat yang jauh dari keramaian atau sepi. Khusus di malam hari, hindari parkir di tempat gelap.

2. Jangan menutup kaca secara penuh saat parkir

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan pencurian yang tidak diinginkan. Misalnya, parkir di siang hari, kaca mobil harus dibuka paling tidak 1 sentimeter sebagai jalur sirkulasi udara. Dengan begitu, pelaku pencurian pecah kaca mobil diyakini akan kesulitan memecahkan kaca dengan pecahan busi.

3. Pasang alarm mobil

Sangat penting untuk pasang alat pengaman seperti sensor tambahan, alarm ganda atau electrical cut-off. Hal ini perlu dilakukan untuk mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer dalam mencegah mobil dibawa kabur juga oleh para pelaku kejahatan.

4. Pakai kaca film

Cara lain mencegah pencurian modus pecah kaca mobil adalah memasang kaca film. Sebagaimana diketahui, 60 persen bagian dari mobil merupakan kaca mobil. Untuk itu, disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar, namun tidak mengganggu visibilitas.

5. Simpan barang di tempat aman

Untuk menjamin keamanan barang di dalam mobil, Anda bisa menyimpan barang berharga di tempat tertutup dalam mobil. Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, atau bagasi serta juga bisa manfaatkan "tray" penutup di bagasi bagi pemilik mobil Sport Utility Vehicle (SUV) atau hatchback. Jika tidak tersedia tempat atau kompartemen tertutup yang memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok mobil atau ditutupi dengan benda gelap agar dari luar mobil terlihat samar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini