Share

Sederet Negara Terapkan Denda Naik Motor Pakai Sandal, Bisa Dibui 15 Hari di India

Wahyu Sibarani, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 53 2613095 sederet-negara-terapkan-denda-naik-motor-pakai-sandal-bisa-dibui-15-hari-di-india-6c6PbbbVep.png Pemotor pakai sandal jepit (dok Freepik)

LARANGAN naik sepeda motor dengan memakai sandal ternyata sudah diberlakukan di beberapa negara lain. Denda dan hukumannya bahkan lebih keras. Di Indonesia, larangan mengendarai motor dengan memakai sandal mengemuka saat pihak kepolisian Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2022.

Pihak kepolisian Ibu Kota hingga kini masih sebatas mengimbau. Jadi denda yang dikenakan buat pelangar masih belum ditetapkan. Artinya pengendara motor yang melanggar hanya diberi peringatan.

Ini berbeda dengan beberapa negara lain yang ternyata sudah lebih menerapkan peraturan yang sama. Bahkan denda yang mereka berikan bisa lebih berat.

infografis

Yuk cermati dimana saja:

1. India

India menerapkan denda dan hukuman yang cukup keras bagi pengendara motor yang mengenakan sandal. berdasarkan Motor Vehicle Amendment Act 2019, pelanggar didenda sebesar 1.000 Rupee atau setara Rp200.000-an. Namun jangan salah dulu. Apabila ketahan melakukan pelanggaran lagi, menurut Cartoq, pengendara motor bisa dikenakan kurungan selama 15 hari.

2. Filipina

Metropolitan Manila Development Authority (MMDA) memberikan denda yang cukup ringan buat pengendara motor yang mengenakan sandal yakni 500 Peso atau sekitar Rp138.481. Namun jangan salah, jika melanggar lagi Surat Izin Mengemudi (SIM) pelanggar bisa dibekukan untuk jangka waktu tertentu.

3. Alabama, Amerika Serikat

Kota-kota di Amerika Serikat kebanyakan mengizinkan pengendara motor mengenakan sandal. Hanya saja hal itu tidak berlaku di Alabama, Amerika Serikat. Berdasarkan peraturan 35-5A-245 Code of Alabama, semua orang dilarang naik motor jika tidak mengenakan sepatu. Hukuman yang diberikan bagi pelanggar adalah pengurangan poin di SIM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini