Share

Awas Jangan Keliru, Ini 5 Tips Mengatasi Kaca Mobil Berembun saat Hujan

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 19 Juni 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 87 2613853 awas-jangan-keliru-ini-5-tips-mengatasi-kaca-mobil-berembun-saat-hujan-0tnEuSNsr7.JPG Kaca mobil berembun (Foto: Ist)

KACA mobil seringkali berembun saat hujan, terlebih pada malam hari. Kalau sudah begini tentu akan sangat mengganggu pandangan dan mengurangi jarak pandang sehingga dapat sangat membahayakan.

Kaca mobil berembun sendiri terjadi karena suhu udara yang dingin. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut 5 tips megatasi kaca mobil berembun saat hujan, dilansir dari laman resmi Wuling.

1. Turunkan suhu dalam mobil

Langkah pertama tentu dengan menurunkan suhu mobil. Atur suhu kipas yang paling tinggi agar sirkulasi udara bisa lebih maksimal. Kemudian turunkan suhu mobil hingga yang paling rendah namun pada tingkatan yang masih bisa ditolerir.

2. Menggunakan fitur defrost/defogger

Bila mobil dibekali dengan fitur Defrost atau Defogger, ini bisa dimanfaatkan. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung dari dasbor.

Infografis Manfaat Coating Mobil saat Musim Hujan

Sementara bila embun yang terjadi di belakang mobil, gunakan fitur defogger untuk menghilangkannya.

3. Resirkulasi udara dalam mobil

Opsi lain untuk menghilangkan kaca mobil berembun adalah menggunakan tombol resirkulasi. Dengan mengaktifkan fungsi ini, mobil akan memasukan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara tersebut tanpa mengubah suhu.

Hal ini dapat mencegah adanya perbedaan suhu. Tak perlu berlama-lama resirkulasi udara di dalam mobil, bila sudah cukup embun menghilang maka sudah bisa mematikan fitur tersebut.

4. Gunakan wiper

Selain mengurangi suhu mobil, untuk menghilangkan embun bisa juga dengan menggunakan wiper dalam menyeka embun-embun tersebut. Pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan supaya tak mengganggu penglihatan.

5. Membuka jendela

Cara paling cepat dan mudah menghilangkan embun adalah membuka jendela. Bukalah jendela dalam waktu singkat dan biarkan embun menghilang. Setelahnya tutup kembali agar AC di dalam mobil bisa kembali terasa. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini