Share

Jangan Panik, Begini Tips Aman Atasi Rem Mendadak Blong

Tangguh Yudha, MNC Portal · Senin 20 Juni 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 87 2613977 jangan-panik-begini-tips-aman-atasi-rem-mendadak-blong-88uOgpee9j.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SALAH satu masalah fatal pada mobil adalah rem blong. Sialnya, masalah ini bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba bahkan saat kita merrasa kondisi mobil sudah cukup baik untuk diajak jalan.

Masalah rem blong sendiri sering terjadi karena saat perjalanan terus menerus menginjak pedal rem dalam waktu lama. Ini mengakibatkan kaliper panas yang akhirnya membuat rem menjadi blong.

Nah kalau sudah begini, harus diatasi dengan pilihan cara yang tepat dan kondisi pikiran tenang. Berikut ini adalah tips aman atasi rem blong mendadak, anti panik, melansir dari blog Suzuki.

1. Terus memompa rem

Saat rem blong mendadak, langkah yang bisa diambil adalah terus memompanya agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Jika kendaraan beralih ke anti locking braking atau ABS, terus pompa saja.

Jangan panik karena bisa jadi malah akan menginjak pedal gas. Bukannya malah melambat, mobil akan melaju dengan kecepatan tinggi. Terus pompa rem sesekali juga guncang rem secara perlahan.

Infografis Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

Lama kelamaan, tekanan pada rem akan kembali seperti semula. Namun, jika saat dipompa rem terasa kasar ataupun berat, mungkin di bagian pedalnya ada sesuatu. Waktunya ambil langkah kedua.

2. Menurunkan gigi transmisi

Jika cara pertama tidak bisa mengatasi rem blong, maka langkah selanjutnya adalah dengan menurunkan bagian gigi transmisi mobil secara bertahap namun dengan cepat. Ini berlaku untuk mobil manual.

Untuk mobil matik, tidak perlu menurunkan gigi secara bertahap, langsung saja ke gigi nomor 1. Cara ini akan membuat mobil Anda melaju lebih lambat dengan memanfaatkan engine brake.

3. Gunakan rem tangan

Mengatasi rem blong mendadak juga bisa dilakukan dengan menggunakan rem tangan. Namun dalam melakukannya harus hati-hati, saat hendak mengerem, lakukanlah secara perlahan.

Caranya tarik rem tangan secara hati-hati dan rasakan gigitannya di bagian caliper roda. Jika rem terasa sudah menggigit maka jangan lepaskan dan biarkan sampai laju mobil semakin melambat.

Atur juga tkanan rem tersebut agar tidak mendadak kehilangan kendali. Ingat, jangan lakukan secara mendadak, itu bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain di jalan.

4. Tekan tombol lampu hazard dan klakson

Tekan klakson dan nyalakan lampu hazard. Cara ini dilakukan untuk memberi sinyal kepada kendaraan lain agar tahu bahwa rem mobil Anda sedang blong. Pastikan ini juga dilakukan dalam keadaan tenang.

5. Menabrak benda lunak

Cara yang satu ini hanya dilakukan jika tahapan di atas gagal untuk mengembalikan kondisi rem. Cari benda yang lunak misalnya area berlumpur, langsung arahkan mobil ke sana.

Menabrakkan mobil ke sesuatu yang lunak bisa menghentikan lajunya. Bisa juga menabrak benda-benda lain seperti gundukan pasir, pagar yang terbuat dari kayu dan sebagainya.

Intinya cari benda yang aman untuk ditabrak supaya mobil bisa berhenti. Sebagai pengendara juga harus bisa memfokuskan pikiran antara menyetir mobil dan mencari benda yang lunak di sekitar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini