Share

Avanza Ditabrak Kereta di Tambun, Ini Penyebab Mesin Mobil Bisa Mati di Pelintasan KA

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 52 2615781 avanza-ditabrak-kereta-di-tambun-ini-penyebab-mesin-mobil-bisa-mati-di-pelintasan-ka-THC3VFW55I.png Mobil ditabrak kereta api di Tambun (dok Instagram)

KECELAKAAN antara kereta dan mobil minibus kembali terjadi. Kali ini mobil Avanza berwarna hitam ditabrak kereta api di dekat Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi pada Selasa 21 Juni 2022.

Dalam video yang beredar, terlihat kereta api yang melaju kencang dengan menyeret sebuah minibus Toyota Avanza berwarna hitam.

Terlihat mobil tersebut ringsek dan mengalami rusak parah.

"Avanza Ditabrak Kereta Jarak Jauh di Dekat Stasiun Tambun, Satu Orang Meninggal Dunia.??," demikian keterangan postingan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, mobil itu mengalami mati mesin saat melintasi rel di pelintasan sebidang.

Saat mesin mobil mati, kereta kemudian datang dan tabrakan tersebut tidak dapat terhindarkan.

Berkaca dari insiden ini, lantas apa saja penyebab mesin mobil mati di perlintasan kereta?

infografis

Berdasarkan Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI (Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia) dikutip dari laman resminya, terdapat emisi elektromagnetik di rel kereta api. Yang berarti, ada kabel penghantar arus listrik yang terpasang. Kabel tersebut dikatakan tidak kompatibel dengan mesin mobil.

Terlebih jika kereta api hendak melintas di jarak 600 meter, arus listrik tersebut akan menghantarkan medan magnet yang tinggi. Medan magnet tersebut bakal membuat mesin mobil mati di rel kereta api.

Saat ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel, maka berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas.

Paparan dari emisi tersebut yang membuat sistem kelistrikan benda lain mati.

Dalam hal ini Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi penggerak utama mobil berhenti bekerja, akhirnya mobil macet di tengah rel.

Adapun, penjelasan PT KAI (Kereta Api Indonesia), mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel kereta api bisa disebabkan oleh medan magnet yang dihantarkan dinamo lokomotif ke rel kereta api, dalam radius satu kilometer. Itulah alasannya petugas menutup palang pintu, bahkan ketika kereta belum terlihat.

Hal itu bisa terjadi karena pengendara mobil tidak memindahkan gigi mesin ke putaran yang lebih rendah, maka putaran mesin dinamo dan koil bisa mati akibat medan magnet dari lokomotif.

Selain kedua faktor tersebut, ada faktor lain yang membuat mobil macet saat melintas di rel kereta, yaitu faktor psikis. Kondisi ini membuat pengendara panik dan tidak bisa berpikir jernih.

Siapapun yang terjebak pada kondisi ini pasti histeris dan ketakutan. Terlebih pada mobil dengan transmisi manual, perpindahan kopling dan gas akibat panik jadi tidak stabil dan membuat mesin mobil mati dan sulit dinyalakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini