Share

Kenali 4 Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil yang Rusak

Tangguh Yudha, MNC Portal · Kamis 23 Juni 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 52 2616333 kenali-4-cara-memperbaiki-door-lock-pintu-mobil-yang-rusak-D00sxgMGJI.jpg Pintu mobil (Ist)

DOOR lock menjadi fitur keselamatan yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Namun mengingat door lock ini hanyalah buatan manusia, ada kalanya door lock mengalami masalah.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan door lock pintu mobil rusak. Umumnya, kerusakan yang terjadi pada door lock mobil adalah akibat putusnya kawat penghubung yang ada di dalamnya.

Kawat ini berfungsi untuk menghubungkan bagian motor serta tuas pembuka atau penutup kunci. Kawat penghubung door lock yang rusak akan membuat pergerakan listrik motor tidak tersalurkan dengan baik.

Kalau sudah begini, sudah sepatutnya segera dilakukan perbaikan, mengingat door lock sendiri berkaitan langsung dengan keselamatan. Lantas bagaimana caranya? Berikut paparan, melansir blog Auto2000.

1. Memeriksa Kawat Penghubung

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab door lock pintu mobil rusak bisa jadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus. Maka dari itu, periksa bagian kawat dengan cermat.

 

Jika ada bagian kawat yang putus, solusinya adalah harus menggantinya dengan kawat yang baru. Namun, jika kawat hanya terpotong di bagian ujungnya, bisa regangkan sedikit agar bisa dipasang pada baut.

 BACA JUGA:Kenapa Bagian Gagang Pintu Mobil Mudah Lecet? Ini Jawabannya

2. Pemeriksaan Sekring

Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak selanjutnya adalah dengan memeriksa sekringnya. Untuk melakukan hal tersebut, dibutuhkan multimeter atau alat pengukur tegangan listrik.

Agar door lock pintu mobil dapat bekerja dengan baik, tegangan listrik harus dapat mengalir dengan baik pula. Untuk menangani hal ini, sebaiknya bawa mobil ke tenaga profesional.

3. Periksa Bagian Modul

Salah satu elemen penting yang menunjang pengoperasian door lock mobil adalah bagian modul. Elemen ini mengontrol proses pembukaan atau penguncian pintu mobil secara otomatis.

Jika elemen modul tidak berfungsi dengan baik, maka door lock mobil tidak akan berfungsi dan harus segera diperbaiki. Namun, jika remote mobil masih bisa dioperasikan, artinya masalah bukan pada modulnya.

 ilustrasi

4. Periksa Suku Cadang Motor Penggerak

Bagian ini dapat secara otomatis menarik kunci pintu, ketika dioperasikan untuk mengunci, akan muncul magnet yang kemudian mengunci pintu mobil karena plunger ditarik oleh magnet.

Jika bagian ini rusak, jelas pintu mobil tidak akan dapat terkunci dengan baik. Maka dari itu, lakukanlah emeriksaan secara berkala untuk menghindari terjadinya hal seperti ini pada mobil kesayangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini