Share

Jangan Sembarangan Cuci Mobil Pakai Hidrolik, Yuk Pahami Kekurangannya!

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 52 2617287 jangan-sembarangan-cuci-mobil-pakai-hidrolik-yuk-pahami-kekurangannya-1hXPIgFivb.png Toyota Fortuner jatuh terjungkal ketika cuci mobil hidrolik (dok Instagram @kabarnegeri)

HEBOH di media sosial video yang menampakkan Toyota Fortuner tampak terjungkal di tempat pencucian mobil hidrolik.

Melansir laman Instagram @kabarnegri, Toyota Fortuner diangkut hidrolik ke atas dan tak lama setelahnya jatuh ke sebelah kanan.

Saat pengangkatan ke atas menggunakan hidrolik, terlihat pekerja yang tengah membersihkan ban depan kanan.

Tiba-tiba saja mobil terjungkal dengan sisi kanan mobil SUV laris itu lebih dulu menghantam lantai.

infografis

Beruntung, pria yang membersihkan ban itu tidak tertimpa Toyota Fortuner dari atas.

Sementara itu, pekerja lainnya juga terlihat tidak tertimpa Toyota Fortuner yang terjungkal itu.

"Mobilnya nggak jadi bersih, malah rusak. Kira-kira salah siapa.⁉️,"demikian keterangan postingan tersebut.

Berkaca dari insiden tersebut, sebaiknya pengendara mengetahui kekurangan cuci mobil hidrolik.

Melansir Auto2000, berikut kekurangan cuci mobil hidrolik:

1. Bisa Melemahkan Suspensi

Sistem cuci mobil hidrolik bisa melemahkan suspensi pada mobil. Kenapa begitu? Ketika pemilik mobil terlalu sering mencuci mobil dengan hidrolik, maka bisa membuat suspensi depan terkunci. Spooring pun juga bisa berubah.

Biasanya masalah ini muncul di dalam mobil-mobil dengan umur di atas lima tahun. Jadi jika memang umur mobil Anda sudah di atas lima tahun, sebaiknya hati-hati dalam memilih tempat cuci mobil hidrolik. Jangan sampai kerusakan kaki-kaki mobil atau suspensi muncul karena terlalu sering mencuci mobil dengan sistem hidrolik, karena komponen ini berfungsi besar untuk menyalakan mesin.

2. Risiko Kerusakan Komponen Mobil

Selain kerusakan suspensi, terdapat risiko lainnya yang bisa menghampiri komponen mobil. Bagaimana maksudnya? Di kolong mobil terdapat banyak sekali komponen mobil dan tentunya ada ruang-ruang terbuka.

Seperti diketahui, cuci mobil hidrolik menggunakan spray gun yang memiliki tekanan air cukup tinggi. Masalahnya adalah ketika tekanan air terlalu tinggi dan terus menerus mengenai komponen yang ringkih, seperti bagian kelistrikan mobil, maka bisa menimbulkan kerusakan lainnya. Pada dasarnya musuh dari sistem listrik adalah air. Ketika terkena tekanan yang tinggi, bisa dipastikan bagian tersebut rusak.

3. Risiko Mobil Terjatuh

Tak jarang ada kejadian mobil terjatuh dalam kondisi di atas mesin hidrolik ketika dalam proses pencucian. Tentu saja ini terhitung kesalahan manusia dan Anda tak ingin musibah ini terjadi.

Untuk itu sebaiknya pilih usaha cuci mobil dengan reputasi terbaik walaupun menggunakan sistem hidrolik. Sebaiknya juga cari dan pilih bengkel dengan hidrolik tipe thunder H karena lebih aman.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini