Share

Kamera ETLE Mulai Dipasang di Baturaja OKU, Hati-Hati Kena Tilang!

Widori Agustino, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 52 2617612 kamera-etle-mulai-dipasang-di-baturaja-oku-hati-hati-kena-tilang-kwh0qBUY49.jpg Tilang Kamera ETLE dipasang di Baturaja (dok iNews/Widori)

TILANG elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) segera diterapkan di Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan.

Kamera ETLE sudah mulai dipasang di Simpang Air Paoh, Kecamatan Baturaja Timur, Jumat 24 Juni 2022.

Kanit Turjawali Satlantas Polres OKU Aiptu Andi Hendrianto menegaskan, pemasangan peralatan ETLE tahap awal berupa pemasangan tiang setelah itu kamera perekam.

Mulai saat ini, pengendara wajib mematuhi peraturan lalu lintas agar tidak kena tilang elektronik yang akan langsung dikirim ke rumah yang bersangkutan jika terekam kamera melakukan pelanggaran.

ETLE merupakan sistem yang akan mencatat, mendeteksi, dan memotret pelanggaran di jalan raya melalui kamera CCTV. Hal ini dilakukan agar menumbuhkan rasa disiplin saat berkendara dan meminimalisit oknum-oknum yang melakukan pemerasan saat menilang pelanggar lalu lintas.

infografis

"Ini baru proses pemasangan tiang dan selanjutnya Juli sudah aktif," ujar Aiptu Andi.

Dijelaskan Andi 10 jenis pelanggaran tilang elektronik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Diantaranya, melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, tidak mengenakan sabuk keselamatan, mengemudi sambil mengoperasikan smartphone, melanggar batas kecepatan, menggunakan pelat nomor palsu dan berkendara melawan arus. 

Kemudian menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm dan berboncengan alebih dari tiga orang serta tidak menyalakan lampu saat siang hari untuk pengendara motor. Andi mengimbau kepada pengendara khususnya masyarakat OKU agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas guna keselamatan bersama.

"Jadi di kota Baturaja ada dua titik ETLE satu di jalan Lintas Sumatera tepatnya simpang empat Air Paoh serta satunya di pertigaan Ramayana," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini