Share

Bolehkah Ban Tubeless Pakai Ban Dalam?

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 52 2618480 bolehkah-ban-tubeless-pakai-ban-dalam-wME6nMUAO1.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

SEBAGIAN pengendara seringkali bertanya bolehkan ban tubeles pakai ban dalam? Pada dasarnya, ban tubeles itu tidak memakai ban dalam. Namun beberapa orang mengatakan kalau ban tubeles boleh menggunakan ban dalam, apalagi saat kondisi ban sudah sangat parah.

Dilansir dari Auto2000, Minggu (26/6/2022), sebagian orang beranggapan kalau menggunakan ban dalam dapat membuat kinerja ban tubeles lebih maksimal dan aman. Padahal nyatanya tidak demikian.

Sebenarnya ban dalam digunakan khusus untuk versi yang biasa saja. Sebab bila ban tubeles tetap dipaksakan untuk memakai ban dalam justru akan membuat angin lebih cepat keluar dan jadi kempis.

infografis

Untuk itu, lebih baik hindari pemasangan ban dalam untuk ban tubeles, karena bisa mengurangi fungsi utama dari ban tersebut.

Bila ada paku yang menancap di ban tubeles, Anda bisa mencabut dan menambalnya di bengkel. Prosedur penambalan ini bisa disesuaikan dengan kondisi kebocoran ban.

Selain itu juga disarankan bagi pengguna kendaraan untuk melakukan pengecekan pada ban secara berkala. Sebab ibarat manusia, ban adalah nyawa yang sangat penting. Untuk itu pastikan selalu ban dalam keadaan prima.

Misalnya Anda mengalami ban bocor saat di jalan kemudian menggantinya dengan ban serep, sebaiknya setelah itu Anda langsung ke bengkel untuk memperbaiki ban utama yang bocor, namun banyak orang yang justru tetap menggunakan ban serep.

Padahal ban serep memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ban biasa. Bila terjadi kerusakan atau ban bocor, yang akan hancur bukan hanya bannya saja, tapi velg juga. Anda pun harus mengeluarkan biaya lebih lagi untuk membeli velg. Hal tersebut pastinya harus dihindari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini