Share

Belajar dari 17 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, Apa yang Harus Dilakukan saat Rem Blong?

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 52 2618769 belajar-dari-17-kendaraan-tabrakan-beruntun-di-tol-cipularang-apa-yang-harus-dilakukan-saat-rem-blong-KjkhdeoKYK.jpg Tabrakan beruntun di Tol Cipularang (dok iNews)

VIRAL di media sosial kecelakaan di Jalan Tol Purbaleunyi atau Tol Cipularang KM 92 yang terjadi pada Minggu malam 26 Juni 2022 melibatkan belasan kendaraan.

Dalam video yang beredar, sejumlah kendaraan sudah dalam posisi tak beraturan. Badan mobil pun tampak rusak.

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur menjelaskan kronologi kejadian kecelakaan Tol Cipularang. Tabrakan beruntun bermula saat bus Laju Prima B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya pada pukul 20.20 WIB.

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong sehingga menabrak kendaran di depannya," kata Denny.

Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus lantaran saat kejadian, situasi lalu lintas sedang padat. "Mengingat Minggu, biasanya terjadi peningkatan lalu-lintas masyarakat yang dari Bandung menuju ke Jakarta," ujar Denny.

Akibat kecelakaan tersebut, tiga orang mengalami luka berat dan 16 lainnya luka ringan. Korban kecelakaan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwaka

Berkaca dari insiden tersebut, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan saat rem blong melansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Terus Pompa Rem

Jika saat mengendarai mobil dan tahu bahwa remnya mendadak blong, langkah yang bisa diambil adalah terus memompanya.

Pengendara lalu terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Jika kendaraan mendadak beralih ke anti locking braking atau ABS, terus pompa saja.

Lama kelamaan, tekanan di rem akan kembali seperti semula.

Meski demikian, jika saat dipompa rem terasa kasar ataupun berat, mungkin di bagian pedalnya ada sesuatu.

Anda bisa memeriksa bagian rem untuk mengetahui benda apa yang mengganjal di bagian pedalnya.

infografis

2) Menurunkan Gigi Transmisi

Manfaatkanlah efek dari engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi di pedal mobil.

Dalam hal ini, ada tahapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan dulu mobil Anda manual bukan mobil matik. Jika manual maka caranya turunkan bagian gigi transmisi secara bertahap dan lakukanlah dengan gerakan cepat.

Jika sedang memakai gigi nomor 4, maka turunkan dalam gerakan cepat secara bertahap sampai gigi yang pertama. Jangan sampai pengemudi menurunkannya tidak bertahap, misalnya dari empat langsung ke gigi nomor dua.

Hal itu akan menyebabkan mobil tidak terkendali. Namun, jika mobil Anda termasuk kedalam jenis transmisi otomatis atau matik, maka caranya adalah sebaliknya. Langsung diturunkan saja ke gigi nomor 1.

Jadi, tidak perlu menurunkannya secara bertahap seperti mobil jenis manual. Cara ini akan membuat mobil Anda melaju lebih lambat saat rem blong. Lama kelamaan rem akan kembali seperti semula. Pastikan Anda bisa melakukannya supaya tidak terjadi hal yang buruk ketika mobil sedang dikemudikan.

3) Gunakan Rem Tangan

Jika cara pertama dan kedua masih gagal, Anda bisa menggunakan rem tangan. Tentu Anda disini harus ekstra hati-hati ketika melakukannya. Saat hendak mengerem, lakukanlah secara perlahan. Caranya tarik rem tangan secara hati-hati dan rasakan gigitannya di bagian caliper roda.

Jika rem terasa sudah menggigit maka jangan lepaskan dan biarkan sampai laju mobil semakin melambat. Anda juga harus bisa mengatur tekanan rem tersebut agar tidak mendadak kehilangan kendali. Ingat, jangan lakukan secara mendadak, itu bisa membahayakan diri Anda dan pengendara lain di jalan.

4) Tekan Tombol Lampu Hazard dan Klakson

Sebenarnya, jika mobil Anda mendadak mengalami rem blong, yang perlu dilakukan adalah langsung tekan klakson dan nyalakan lampu hazard. Cara ini dilakukan untuk memberi sinyal kepada kendaraan lain agar tahu bahwa rem mobil Anda sedang blong. Pastikan bahwa Anda dalam keadaan tenang.

Jangan sampai panik karena itu akan membahayakan Anda dan orang di sekitar. Lalu, injak pedalnya secara perlahan. Jika pedalnya bisa menyentuh lantai mobil mungkin minyak rem di mobil Anda berkurang. Bisa juga ada masalah di beberapa bagian seperti master silinder dan kaliper rem.

5) Jangan Langsung Mematikan Mesin

Ketika Anda tahu bahwa keadaan rem mobil sedang tidak berfungsi, maka jangan langsung mematikan mesin. Jika Anda melakukannya, hal itu akan menyulitkan mobil untuk terus melaju. Rem jadi tidak bisa kembali seperti semula. Lakukanlah beberapa langkah di atas untuk mengembalikan kondisi rem.

6) Jangan Sampai Menginjak Pedal Gas

Menginjak pedal gas secara tiba-tiba saat rem dalam kondisi blong akan sangat membahayakan diri Anda. Bukannya malah melambat, mobil akan melaju dengan kecepatan tinggi. Mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi dengan rem blong bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

7) Mengguncang Bagian Pedal Rem

Pengemudi bisa mengguncang bagian pedal rem jika mendadak blong, tapi ingat, jangan menginjaknya. Cukup guncang pedalnya secara perlahan sampai rem kembali ke kondisi semula. Terkadang yang menjadi penyebab rem mendadak blong adalah karena mengalami gangguan sistem.

8) Menabrak Benda yang Lunak

Cara yang satu ini hanya dilakukan jika tahapan di atas gagal untuk mengembalikan kondisi rem. Anda bisa melihat keluar jendela untuk mencari sesuatu yang lunak. Misalnya jika ada area berlumpur, langsung arahkan mobil kesana. Menabrakkan mobil ke sesuatu yang lunak bisa menghentikan lajunya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini