Share

Jangan Biarkan Shockbreaker Mobil Penuh Oli, Ini Bahayanya!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 52 2619127 jangan-biarkan-shockbreaker-mobil-penuh-oli-ini-bahayanya-GeTXwIAl5M.jpg Sistem suspensi mobil (Youwheel)

SHOCKBREAKER menjadi salah satu komponen mobil yang sangat krusial. Shockbreaker berfungsi untuk meredam goncangan akibat kontur jalan yang bergelombang.

Tapi seperti diketahui bersama, setiap komponen mobil berpotensi mengalami masalah, tak terkecuali komponen shockbreaker ini. Salah satu yang sering terjadi adalah shockbreaker penuh dengan oli.

 BACA JUGA:Kenali 5 Tanda-Tanda Shock Breaker Mobil Minta Jajan

Kalau sudah begini tentu akan sangat membahayakan. Nah apa saja bahaya shockbreaker penuh oli?

Sokbreaker bisa dipenuhi oli tak lain dan tak bukan adalah karena terjadi kebocoran. Kebocoran ini bisa dilihat dari adanya rembesan oli di bagian luar. Ini menandakan fungsi shockbreker sudah tidak lagi optimal.

 ilustrasi

Dampak yang dihasilkan dari shockbreker dipenuhi oli adalah akan merusak kaki-kaki mobil seiring berjalannya waktu. Ketika melindas lubang atau melintasi jalan bergelombang, maka benturan pertama kali akan diserap oleh velg dan ban.

 BACA JUGA:Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Penjelasannya

Karena kedua perangkat ini sifatnya kurang bisa meredam benturan, maka energi benturan akan turut serta diserap komponen lain. Seperti ball joint, tie rod, support mounting, bahkan sasis mobil.

Jika ini terjadi secara terus-menerus dalam waktu lama, sudah pasti akan menyebabkan komponen kaki-kaki semakin pendek usianya. Dan yang paling parah adalah ban.

Ban akan menjadi tumpuan peredaman. Akibatnya, ban akan mengalami stres dan efek sampingnya adalah telapak ban tidak merata habisnya. Ini jelas berbahaya.

Untuk itu, demi keamanan dan kenyamanan selama berkendara segeralah perbaiki shockbreker yang penuh oli tadi. Kalau perlu, lalukan oenggantian momponen agar hasilnya maksimal.

Direkomendasikan menggunakan shockbreaker bawaan pabrik yang sudah terjamin kualitasnya. Mengingat shockbreaker perannya yang sangat penting dan penggunaannya bukanlah untuk sementara. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini