Share

5 Penyebab Busi Mobil Berwarna Hitam, Jangan Dianggap Sepele!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 52 2620158 5-penyebab-busi-mobil-berwarna-hitam-jangan-dianggap-sepele-R8hWfs55wP.jpg Ilustrasi busi (dok. Freepik)

LAMANYA pemakaian busi mobil bisa berubah warna menjadi hitam. Bukan hanya karena lokasinya berada di ruang pembakaran, tapi juga ada beberapa penyebab lainnya.

Kondisi busi yang sudah menghitam tentu akan mengganggu kinerjanya menjadi tidak maksimal. Padahal kita tahu bersama, busi pada kendaraan memiliki fungsi penting sebagai pemantik api pada ruang bakar.

Untuk menjaga kondisi busi mobil tetap prima, ada baiknya mengetahui dahulu penyebab busi mobil berwarna hitam. Berikut adalah penyebabnya, seperti dilansir dari blog Daihatsu:

1. Filter Udara yang Kotor

Filter udara yang kotor bisa mempengaruhi kinerja mesin. Kotoran yang menumpuk ini bisa membuat mesin menjadi kurang bertenaga dan membutuhkan bensin yang banyak selama proses pembakaran.

Adanya kotoran yang menumpuk ini dapat membuat gumpalan dan mengendap pada permukaan filter. Nantinya menjadi penghalang udara untuk masuk ke intake dan menyebabkan busi menghitam.

Agar hal ini tidak terjadi, maka rajinlah membersihkan filter udara pada mobil.

infografis

2. Bahan Bakar Terlalu Banyak

Banyaknya bahan bakar yang masuk ke dalam karburator juga menjadi penyebab elektroda busi mobil hitam dan basah. Keadaan seperti ini bisa membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros.

Selain itu busi mobil menjadi basah dan memungkinkan mengganggu sistem pengapian. Atur ulang karburator pada mesin mobil agar perbandingan Afr bisa kembali ideal.

3. Tidak Sesuainya Spesifikasi Busi Dengan Mobil

Performa mesin mobil bisa semakin bagus jika menggunakan busi yang berkualitas. Nantinya proses pembakaran pada mesin bisa berjalan secara maksimal.

Jika memilih busi yang spesifikasinya tidak sesuai dengan mobil, bisa dipastikan proses pembakaran tidak berjalan dengan optimal dan dapat mengakibatkan busi menghitam.

4. Oli yang Mengalami Kebocoran

Oli yang mengalami kebocoran dapat mengalir ke dalam mesin pembakaran. Hal ini bisa terjadi karena piston yang sudah aus atau karena ring pada piston mulai melemah.

Jika oli masuk ke ruang pengapian, maka bisa menyebabkan proses pembakaran kurang berjalan dengan sempurna. Dan tentu akan membuat warna busi menjadi menghitam.

5. Terdapat Masalah Pada Ignition Coil

Ignition coil yang bermasalah seperti menjadi lemah ternyata dapat berpengaruh langsung pada besaran bunga api pada busi saat proses pembakaran.

Saat hal ini terjadi, proses pembakaran bisa terganggu dan berjalan lebih lambat dan proses pembakaran kurang sempurna dan membuang banyak deposit. Inilah yang membuat busi menghitam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini