Share

Daftar Warna Mobil Paling Populer di Amerika, Harga Jualnya Turun Dratis!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 52 2620194 daftar-warna-mobil-paling-populer-di-amerika-harga-jualnya-turun-dratis-hPDeuvSLve.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

TERDAPAT banyak sekali pilihan warna mobil yang tersedia di pasaran. Namun warna hitam tetap menjadi favorit, bukan hanya di Tanah Air tapi juga di Washington DC, Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari Wtop, hitam adalah warna yang paling populer di sana. Kemudian warna kendaraan terpopuler lainnya ada putih, abu-abu, silver, dan biru.

Tapi sayangnya, mobil dengan warna-warna paling populer ini justru memiliki nilai yang buruk saat kembali dijual. Agak aneh memang, di mana warna paling diminati justru nilainya turun.

Hitam memiliki penurunan nilai tiga tahun sebesar 16,1%. Sementara warna putih, yang menjadi warna paling populer kedua di Washington DC memiliki penurunan nilai tiga tahun sebesar 15,5%.

infografis

Situs jual beli mobil bekas iSeeCars baru-baru ini membandingkan harga lebih dari 650.000 kendaraan berusia tiga tahun untuk menentukan tingkat penyusutan rata-rata tiga tahun berdasarkan warna kendaraan.

"Dua warna terburuk adalah emas dan coklat. Warnanya cukup kabur, dan pada sebagian besar mobil warnanya mungkin tidak terlalu menarik,” kata analis eksekutif iSeeCars, Karl Brauer.

Brauer pun menyarankan agar tidak mudah tergiur oleh iming-iming para sales yang menawarkan mobil berwarna emas atau coklat. Ia pun menganjurkan untuk dengan tegas menolaknya.

"Jika Anda melihat kendaraan berwarna emas atau cokelat, beri tahu dealer 'saya tahu ini bukan warna yang sangat populer dan saya tidak yakin betapa mudahnya bagi Anda untuk menjual kendaraan ini sekarang," katanya.

Warna yang mencolok tidak selalu memiliki harga jual kembali yang buruk. Justru warna kuning, oranye dan ungu, itu lah warna yang paling stabil nilainya meskipun jarang perminatnya.

"Mungkin tidak banyak orang yang menginginkan mobil berwarna kuning, oranye, atau ungu, tetapi ada lebih sedikit kendaraan berwarna kuning, oranye, dan ungu di luar sana daripada orang yang menginginkannya. Jadi, jika Anda memiliki salah satu dari warna itu, itu akan membantu meningkatkan nilai jual kembali mobil,” terang Brauer.

Secara keseluruhan, mobil berwarna kuning memiliki penurunan nilai 70% lebih rendah dari rata-rata, meskipun itu adalah salah satu warna yang paling tidak populer.

Warna ini juga biasanya merupakan warna untuk mobil sport dan kendaraan bervolume rendah lainnya yang sangat baru di pasar penjualan kembali sehingga orang akan membayar mahal untuknya.

Kami benar-benar melihat lebih banyak keragaman dalam warna mobil dalam beberapa tahun terakhir. Banyak produsen sekarang menawarkan edisi peluncuran kendaraan populer, dan edisi peluncuran selalu menyertakan warna tertentu yang hanya tersedia pada edisi peluncuran tersebut," ungkap Brauer.

"Orang-orang suka membelinya karena mereka tahu, bahkan jika mereka tidak tahu apa-apa tentang kendaraan itu, jika mereka melihatnya dalam warna ini dan Anda belum pernah melihat warna itu sebelumnya, itu berarti itu adalah mobil yang istimewa,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini