Share

3 Penyebab Oli Rembes di Cover Cylinder Head yang Wajib Diperhatikan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 52 2620548 3-penyebab-oli-rembes-di-cover-cylinder-head-yang-wajib-diperhatikan-uMg6AV70r5.jpg Mesin mobil (Okezone)

PENYEBAB oli rembes di cover cylinder head yang perlu diketahui. Cylinder head merupakan komponen penutup blok silinder yang bertugas menutup rongga silinder, dimana ruang yang ditutup tersebut adalah ruang pembakaran.

Sehingga, perlu adanya penutup agar pembakaran dapat terjadi. Penutup tersebut disebut juga dengan cover cylinder head.

Umumnya, para montir kerap kali mendapat keluhan terkait oli rembes di cover cylinder head. Kondisi oli rembes tersebut dapat terjadi lantaran beberapa hal.

Lantas, apa saja penyebab oli rembes di cover Cylinder head yang perlu diketahui para pemilik kendaraan? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

ilustrasi

Penyebab Oli Rembes di Cover Cylinder Head

Sejatinya, oli rembes banyak dialami oleh kendaraan yang usianya sudah cukup tua. Pemilik tak perlu khawatir, sebab hal ini merupakan penyakit yang wajar diakibatkan oleh usia pemakaian. Adapun penyebabnya, antara lain:

1. Seal yang Getas

Kasus umum rembesan oli disebabkan oleh kerusakan pada seal yang menjaga oli, baik di mesin maupun di transmisi. Seal yang terbuat dari karet ini seharusnya diganti secara berkala.

Hanya saja, banyak pemilik yang mengabaikan hal tersebut sebab dinilai belum rusak. Kerusakan pada seal oli ini sangat lama dan tidak bisa diprediksi kapan akan rusak.

2. Packing yang Keras

Selain itu, masalah pada packing yang biasa digunakan antara blok mesin dengan cover head. Packing yang sudah keras bisa membuat oli mesin menjadi rembes ke mana-mana terutama cover cylinder head.

Packing yang mengeras umumnya karena usia pakai kendaraan itu sendiri. Untuk mengetahui kebocoran, cara paling mudah adalah melihatnya ke lantai garasi.

3. Baut yang Rusak

Oli merembes juga bisa disebabkan oleh baut penutup. Akan tetapi, rembesan oli dari bagian baut penutup ini sangat jarang ditemui. Dalam beberapa kasus, kebocoran juga dapat diakibatkan dari rusaknya baut penutup di bagian mesin.

Demikian penyebab oli rembes di cover cylinder head yang wajib diperhatikan pemilik kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini