Share

Motor Matik Jangan Pakai Box Terlalu Besar di Belakang Jok, Ini Alasannya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 53 2620865 motor-matik-jangan-pakai-box-terlalu-besar-di-belakang-jok-ini-alasannya-o3OkNHpRyx.png Ilustrasi motor (dok Freepik)

SERINGKALI kita jumpai motor matik yang menggunakan box motor terlalu besar di belakang box. Padahal jelas ini dapat membahayakan baik untuk si pengendara itu sendiri maupun pengendara lain.

Motor matik yang dipasangi box hingga puluhan liter tentunya tidak sesuai dengan spesifikasi motor yang memang memiliki bobot ringan. Memaksakannya maka akan membuat handling menjadi tidak stabil.

Seperti dilansir dari blog Wahana Honda, motor akan sulit dikendalikan dan berat motor menjadi tidak seimbang. Dengan handling yang tidak karuan ini menimbulkan potensi kecelakaan.

 infografis

Memang, pemasangan box dapat membuat motor terlihat semakin gagah, dan menambah kesan touring. Selain itu juga dapat memberikan berbagai manfaat seperti membawa lebih banyak muatan ketika bepergian.

Tapi perlu diingat bahwa dalam berkendara tidak cukup hanya sebatas terlihat keren di mata dan memudahkan membawa banyak barang saja. Pastikan juga kita mempertimbangkan faktor keselamatan.

Kalaupun memang spesifikasi motor sudah sesuai untuk dipasangkan box, perlu diperhatikan juga kualitas box yang digunakan. Tidak perlu bermerek terkenal, paling tidak memiliki reputasi dalam hal durability dan kualitas.

Jangan mudah terpukau oleh harga yang murah. Box abal-abal tentu akan sekejap juga manfaatnya, sebaliknya, box berkualitas tinggi tentu akan jauh lebih awet dan lebih aman untuk dipakai dalam waktu lama.

Dan yang juga tak kalah penting, pastikan bracket yang digunakan sudah sesuai. Jangan paksakan bracket yang spesifikasinya tidak sesuai dengan box anda karena bisa berakibat fatal.

Jika bracket tidak sesuai, maka ada resiko box akan jatuh pada saat terjadi guncangan. Hal ini tentu akan membahayakan diri sendiri dan pengemudi di belakang. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini