Share

Apa Akibat Mesin Motor Kekurangan dan Kelebihan Oli? Simak Penjelasannya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 53 2621236 apa-akibat-mesin-motor-kekurangan-dan-kelebihan-oli-simak-penjelasannya-fE2Kf9erHv.jpg Oli motor (Hirerush)

AKIBAT mesin motor kekurangan dan kelebihan oli kira-kira baik atau buruk ya? Oli adalah salah satu komponen yang cukup penting bagi mesin motor.

Cairan berwarna hitam ini berfungsi sebagai pelumas, pembersih, pendingin, serta pelindung mesin. Karena alasan tersebut maka dianjurkan untuk mengganti oli motor secara rutin. Namun, anda perlu memastikan takaran olinya sesuai kapasitas.

Jika tidak maka akan berakibat buruk bagi mesin motor anda. Lantas, apa akibat mesin motor kekurangan dan kelebihan oli? Simak informasinya berikut ini.

Akibat Mesin Motor Kekurangan dan Kelebihan Oli

Akibat Mesin Kekurangan Oli

Oli mesin motor jelas sudah ada takaran yang sesuai dengan kapasitas mesin. Takaran tersebut berkisar dari 0,8 liter hingga 3,8 liter, tergantung dari jenis motornya.

Jika anda mengisi oli di bawah takaran, maka mesin motor anda akan kekurangan oli. Mesin yang kekurangan oli bisa menyebabkan kerusakan komponen, jadi mesin akan cepat haus.

ilustrasi

Akibat yang ditimbulkan memang tidak langsung terasa, namun seiring berjalannya waktu anda akan merasakan performa mesin motor anda menurun. Hal tersebut bisa terjadi karena pelumasan mesin menjadi kurang optimal karena volume oli yang mengurang.

Pompa oli pasti akan bekerja lebih keras dan menyebabkan knalpot motor ngebul dan mesin menjadi lebih panas dari biasanya. Tak hanya itu saja, beberapa komponen mesin, seperti silinder, blok, ring piston, dan lain-lain juga akan terkena akibatnya.

Jika dibiarkan dapat menyebabkan turun mesin dan biaya memperbaikinya cukup mahal.

Akibat Kelebihan Oli

Sebaliknya, jika kelebihan oli mesin anda juga tidak akan menjadi lebih baik. Justru akan berefek buruk bagi mesin motor anda. Contohnya adalah kualitas olinya akan menurun. Hal ini diakibatkan karena oli akan menggenai poros engkol dan tidak bisa melumasi komponen mesin dan gesekan antar mesin akan menjadi kasar.

 

Tak hanya itu saja, akibat lain yang mungkin timbul adalah langkah piston akan terhambat karena poros engkol yang terendam. Kopling basah pada motor juga akan terganggu. Akibat buruk lainnya adalah oli bisa membasahi box filter udara yang bisa menyebabkan asap knalpot menjadi hitam.

Itulah akibat mesin motor kekurangan dan kelebihan oli. Jadi kesimpulannya adalah isilah oli motor anda sesuai takarannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini