Share

5 Penyebab Aki Mobil Tiba-tiba Soak, Jangan Dianggap Sepele!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 52 2621585 5-penyebab-aki-mobil-tiba-tiba-soak-jangan-dianggap-sepele-kPaVdeJHZk.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

AKI menjadi komponen krusial pada mobil. Fungsinya adalah sebagai sumber energi bagi mobil. Tapi sayangnya aki bisa bermasalah, salah satu yang kerap terjadi adalah aki tiba-tiba soak.

Kalau sudah begini, mesin akan susah distarter. Tentu akan sangat menjengkelkan terlebih bila dalam keadaan genting. Untuk itu bagi pengendara mobil penting mengetahui sebab-sebab aki soak.

Ada beberapa penyebab utama aki mobil tiba-tiba soak. Apa saja? Berikut paparan lengkapnya, seperti dilansir dari laman resmi Hyundai:

1. Mobil Yang Jarang Digunakan

Penyebab utama aki mobil tiba-tiba soak adalah karena mobil jarang digunakan. Perlu diketahui, mobil yang lama tidak digunakan membuat mesin tidak memanas.

Secara otomatis, aki tidak akan mendapat suplai listrik yang cukup. Akibatnya, kapasitas kinerja aki akan kurang maksimal. Lama kelamaan, aki menjadi tekor dan kendaraan sulit dihidupkan.

Satu satunya gejala kerusakan aki yang bisa dideteksi sebagai akibat mobil yang jarang digunakan, adalah semua komponen listrik tidak menyala dengan sempurna.

Untuk menghindari hal ini, biasakan memanaskan mobil meski tidak sedang bepergian. Panaskan mobil setidaknya satu kali seminggu agar asupan tegangan listrik ke aki bekerja optimal.

 infografis

2. Aksesoris Mobil yang Berlebihan

Penggunaan aksesoris berlebihan juga dapat menjadi penyebab aki mobil tekor. Ini karena beberapa aksesoris mobil dapat menguras tenaga aki secara berlebihan hingga membuat kekuatan aki berkurang.

Salah satu aksesoris yang dapat menyita tenaga aki adalah sistem audio dan lampu proyektor. Jadi, sebelum menggunakannya, pastikan dulu kapasitas aki sesuai, jangan memaksakan menggunakan aksesoris yang menyedot daya.

3. Terlalu Sering Menggunakan Mobil

Penggunaan mobil secara terus menerus ternyata juga dapat membuat aki soak. Pasalnya, mobil yang digunakan dengan intens tentu membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Melalui kondisi tersebut, aki mobil akan dipaksa bekerja ekstra untuk dapat menyalurkan tegangan listrik. Hal inilah yang menjadi penyebab aki mobil habis sendiri dan mengakibatkan aki tekor.

Penggunaan mobil yang intens dapat mengurangi umur pemakaian komponen, termasuk aki. Pada dasarnya, semua komponen mobil tentu memiliki masa pakai masing masing.

Adanya masa pakai ini juga dapat menimbulkan kerusakan apabila mobil digunakan secara terus menerus. Untuk itu, kurangi penggunaan mobil secara berlebihan.

4.. Jarang Melakukan Pengecekan Aki

Masa pemakaian yang lama dan perawatan yang lebih mudah, membuat aki tipe basah banyak disukai pemilik kendaraan. Tapi sering kali pemilik mobil dengan aki tipe basah lupa melakukan pengecekkan.

Tiba tiba, air aki sudah habis dan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika hal ini dibiarkan saja, maka aki bisa tekor. Untuk itu pastikan air aki selalu cukup agar tidak menimbulkan masalah kedepannya.

5. Aki Lemah

Penyebab lain aki bisa tekor tiba-tiba adalah aki yang lemah. Aki yang lemah tentu tak bisa menyalurkan daya listrik ke seluruh komponen mesin dalam mobil. Akibatnya, mobil akan sulit di starter dan tak bisa dihidupkan.

Untuk itu, selalu lakukan pengecekan aki mobil secara berkala. Bila perlu, selalu lakukan pemeriksaan tiap kali digunakan sehingga dapat menunjukkan tanda aki mobil lemah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini