Share

5 Cara Membaca Dipstick Oli Mobil yang Benar, Jangan Asal Ukur!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 52 2622404 5-cara-membaca-dipstick-oli-mobil-yang-benar-jangan-asal-ukur-pji7yWEQFG.jpg Isi oli mobil (Agautosltd)

CARA membaca disptick oli mobil yang benar harus anda pelajari. Karena hal ini akan berhubungan dengan pengecekan oli kendaraan anda.

Bagi anda yang sering menggunakan mobil, tentu harus memperhatikan kondisinya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kondisi olinya. Pasalnya, oli merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam mesin mobil.

Nah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan dipstrik. Berikut Okezone beri tahu cara membaca dipstick oli mobil yang benar.

Cara Membaca Dipstick Oli Mobil yang Benar

 BACA JUGA:Ingat, Ini Daftar Mobil Mewah yang Dilarang Pakai Pertalite

Pengertian Dipstick

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dipstick merupakan alat yang digunakan untuk mengecek oli. Bentuk kepalanya berupa lingkaran dengan warna terang, seperti kuning, merah, atau pun putih dan terbuat dari besi. Anda bisa menggunakan dipstick untuk mengecek oli mobil maupun motor.

Cara Membaca Dipstick

Cara membaca dipstick oli mobil yang benar sebenarnya mudah saja. Pada sebuah dipstick sudah tertulis indikator max dan min. Max untuk maksimal dan min untuk minimal. Atau ada juga dipstick yang indikatornya tertulis F (full) dan E (empty/kosong).

 BACA JUGA:5 Penyebab Aki Mobil Tiba-tiba Soak, Jangan Dianggap Sepele!

Jika anda memasukan dipstick ke oli mobil anda, anda bisa perhatikan digaris mana batas oli anda. Jika batasnya di tengah-tengah Min dan Max, berarti volume oli anda aman. Namun, jika oli berada di titik Min, berarti anda perlu menambahnya lagi. Begitu juga jika oli berada di titik Max, anda harus menguranginya.

Karena, mobil tidak boleh kekurangan atau kelebihan oli. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan mesin mobil anda.

Cara Mengukur Oli Menggunakan Dipstick

Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan jika ingin mengukur oli mobil anda menggunakan dipstick.

1. Pastikan anda telah memarkirkan mobil pada permukaan yang rata agar anda bisa mengukur oli dengan lebih akurat.

2. Pastikan mobil sudah dalam keadaan mati. Karena jika masih hidup biasanya oli masih menempel pada bagian mesin dan belum turun semua.

Ilustrasi

3. Buka kap mesin mobil dan cabut stick olinya.

4. Setelah itu, lap dulu stick olinya lalu celupkan lagi. Tujuannya adalah agar pengukuran bisa lebih akurat.

5. Setelah dicelupkan untuk yang kedua kalinya, anda bisa melihat level oli anda ada pada bagian mana.

Itulah cara membaca dipstick oli mobil yang benar. Semoga membantu. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini