Share

Kenali 6 Penyebab CVT Motor Matik Berisik, Begini Cara Mengatasinya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 53 2622399 kenali-6-penyebab-cvt-motor-matik-berisik-begini-cara-mengatasinya-11yq6kVyj4.jpg Ilustrasi (Astra Motor)

MASALAH CVT mengeluarkan suara berisik kerap dijumpai di motor matik. Kalau sudah begini, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Nah sebenarnya ada beberapa penyebab CVT motor matik berisik. Ini sangat penting untuk diketahui para pemilik motor matik agar masalah bisa segera diatasi.

 BACA JUGA:Catat! Ini 4 Akibat Buruk Telat Ganti Oli Mobil dan Motor

Apa saja penyebab CVT motor matik berisik? Berikut paparannya, seperti dilansir dari laman resmi Honda :

1. Van belt sudah aus

CVT motor matik berisik bisa disebabkan oleh sabuk van belt yang sudah aus. Biasanya akan menimbulkan suara berisik dibagian CVT macam rantai yang kendur.

Ketika dipakai, akselerasinya awal juga bisa menimbulkan selip, seperti saat kita gas ditarik hasil dari tenaganya tidak sesuai putaran atau tidak maksimal.

 Ilustrasi

2. Mangkok kopling bermasalah

Bunyi berdecit di bagian CVT juga bisa disebabkan oleh clutch Housing atau biasa kita sebut mangkok kopling yang bermasalah. Biasanya komponen yang satu ini tidak rata makanya menimbulkan bunyi.

3. Kampas kopling handa habis

Seperti diketahui, motor mayik juga memiliki kampas kopling. Jika kampas kompling mulai abis dan menipis akan menimbulkan suara decitan pada awal motor di gas yang tentunya akan menggangu kenyamanan berkendara.

 BACA JUGA:Motor Matik Jangan Pakai Box Terlalu Besar di Belakang Jok, Ini Alasannya

4. Face set drive oblak

Penyebab bunyi kasar di bagian CVT, bisa juga disebabkan dari face set drive yang oblak. Ketika part yang berfungsi untuk mendorong per CVT agar vanbelt turun ini aus atau oblak, maka kerja sliding sheave menjadi tidak mulus dan perputarannya berbenturan dengan pasangannya.

Selain menimbulkan bunyi berisik, face set drive oblak juga menimbulkan gejala seperti hentakan-hentakan kecil ketika motor ingin bergerak.

5. Rumah roller aus

Rumah roller juga bisa bikin berisik CVT bila sudah aus atau longgar bagian piece silidenya. Berhubung Plate Ramp dan piece silide bergeser keluar masuk saat motor dijalankan putaran mesin, gesekan tersebut mengakibatkan terjadinya keausan.

Misal rongganya semakin oblak otomatis suara brisik juga makin keras berasal dari plate ramp, menyebabkan getaran atau suara yang tidak normal.

 

6. Roller, face comp dan boss drive face sudah rusak

Roller juga bisa menggakibatkan suara motor menjadi kasar tidak normal, ini disebabkan roller hancur yang dapat menimbulkan suara kasar diarea CVT.

Selain itu, face comp dan boss drive saling terhubung bergeser keluar masuk saat roda berputar juga bisa mengakibatkan terjadinya keausan pada face comp, jika rongga semakin besar otomatis suara kasar akan muncul.

Agar bagian CVT tidak mengeluarkan suara berisik jangan lupa lakukan service rutin setiap 3000 km atau 1 bulan sekali. Dan kalau bisa, lakukan service rutin di bengkel resmi agar lebih terjamin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini