Share

Duh! Toyota Recall 3.000 Mobil Listrik bZ4X Gegara Ban Bermasalah

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 52 2622692 duh-toyota-recall-3-000-mobil-listrik-bz4x-gegara-ban-bermasalah-1OGGmCmxdh.JPG Mobil listrik Toyota bZ4X (Foto: Instagram/@salman.elomany)

SEBANYAK hampir 3.000 mobil listrik Toyota bZ4X ditarik karena terdapat cacat roda yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Penarikan ini dilakukan di banyak negara, padahal mobil SUV tersebut baru saja diluncurkan.

Mobil listrik Toyota bZ4X sendiri baru saja memulai debutnya 2 bulan lalu. Namun situasi yang berisiko mematikan yang dapat menyebabkan roda terpisah saat kecepatan tinggi memaksa pabrikan untuk melakukan penarikan.

Seperti dilansir dari Engadget, untuk pasar Eropa, penarikan dilakukan pada sekitar 2.700 unit mobil. Sementara pasar Amerika Serikat 260 unit, menyusul Jepang 110 unit, lalu Kanada sebanyak 20 unit.

Perusahaan meminta pemilik untuk segera memarkir kendaraan mereka dan tidak melanjutkan perjalanan sampai solusi yang lebih 'permanen' dapat ditemukan. Hal ini telah disampaikan Toyota dalam pernyataan resminya.

"Tidak ada yang boleh mengendarai kendaraan ini sampai perbaikannya dilakukan. Setelah penggunaan jarak tempuh rendah, semua baut hub pada roda dapat mengendur hingga roda dapat terlepas dari kendaraan," sebut Toyota, melansir Antara.

Jika roda terlepas dari kendaraan saat mengemudi, dapat mengakibatkan hilangnya kendali kendaraan, peningkatan risiko kecelakaan. "Apa penyebab masalah ini bisa terjadi masih dalam tahap penyelidikan," terangnya.

Hingga berita ini dimuat belum ada kabar kapan para insinyur Toyota menemukan solusi. Namun untuk diketahui, ini bukan pertama kali pabrikan melakukan penarikan karena masalah serupa. Sebelumnya Subaru juga menarik sekitar 2.600 Solterra EV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini