Share

Kapan Ganti Filter Oli Mesin dan Berapa Biayanya?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 52 2622697 kapan-ganti-filter-oli-mesin-dan-berapa-biayanya-oC3StYWxLa.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

KAPAN ganti filter oli mesin? dan berapa biayanya? Seperti yang kita ketahui, oli adalah salah satu komponen pendukung yang paling penting dalam mesin mobil anda.

Selain harus memerhatikan pergantian oli, anda juga harus memerhatikan filternya. Karena filter memiliki fungsi yang tak kalah penting. Filter digunakan untuk menyaring kotoran yang ada pada mesin kendaraan.

Nah, lalu kapan ganti filter oli mesin? dan berapa biayanya ya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Kapan ganti filter oli mesin

Perlu diketahui, filter oli tidak dianjurkan untuk dibersihkan. Baik dibersihkan menggunakan semprotan angin atau di lap dengan kain.

Infografis Manfaat Coating Mobil saat Musim Hujan

Karena meski telah dibersihkan, filter akan tetap menampung kotoran dan oli bekas. Jika tetap begini, hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk bagi mesin kendaraan anda.

Selain itu, biaya pengantian komponen mesin yang rusak karena jarang mengganti filter oli juga mahal.

Maka dari itu, anda harus mengganti filter pada kendaraan anda secara berkala. Anda bisa mengganti filter oli setiap kali service dengan kelipatan 5.000 km atau sekitar enam bulan sekali.

Namun, ada anggapan lain yang mengatakan untuk mengganti filter oli mobil anda setiap kelipatan 10.000 km.

Kedua anggapan tersebut memang baik. Ahli otomotif menambahkan, anda juga bisa mengganti filter oli setaip anda melakukan penggantian oli karena harganya yang tak begitu mahal.

Berapa harganya?

Harga filter oli mesin kendaraan bermotor cukup terjangkau. Untuk filter oli mobil biasnaya berkisar dari Rp30 ribuan untuk mobil Jepang, dan Rp70-100 ribuan untuk mobil produksi Eropa. Sementara untuk filter oli mesin motor harganya mulai dari Rp20 ribuan saja.

Harga tersebut tentu lebih murah ketimbang risiko kerusakan komponen mesin akibat anda malas mengganti filter oli kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini