Share

Ducati Pamer Motor Listrik untuk Balapan MotoE 2023, Ini Spesifikasinya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 53 2622974 ducati-pamer-motor-listrik-untuk-balapan-motoe-2023-ini-spesifikasinya-NdvBQNqLz0.JPG Motor listrik Ducati V21L siap mengaspal di ajang balap MotoE 2023 (Foto: Ducati)

DUCATI baru saja memamerkan motor listrik pertamanya. Pabrikan asal Italia tersebut mengatakan bahwa motor listrik bernama V21L ini akan digunakan dalam balap MotoE musim 2023.

Seperti dilansir dari Engadget, motor listrik yang masih berstatus prototipe itu hadir dengan dibalut serat karbon dan mengemas mesin listrik bertenaga 150HP dengan baterai 18kWh.

Beratnya mencapai 225 kilogram, yang mana setengah dari bobotnya itu berasal dari baterai. Memang masih cukup berat untuk motor balap, tapi bisa untuk MotoE dan masih di bawah berat motor listrik Energica.

Motor V21L dapat diisi hingga 80 persen hanya dalam 45 menit dan memiliki jangkauan yang cukup untuk menyelesaikan tujuh putaran trek GP. Adapun kecepatan maksimalnya menyentuh171 MPH.

Seperti yang telah dirinci dalam pengumuman tahun lalu, Ducati memang akan menjadi pemasok eksklusif dari semua 18 motor yang digunakan untuk balap FIM MotoE World Cup dari 2023-2026.

E-motorbike tentu cukup dipertaruhkan oleh Ducati mengingat itu belum pernah dilakukan sebelumnya.

Namun, perusahaan mengatakan menggunakan pengalaman balapnya yang luas untuk merancang modelnya.

"Saat ini, tantangan paling penting di bidang ini tetap terkait dengan ukuran, berat, otonomi baterai dan ketersediaan jaringan pengisian," kata Direktur R&D Ducati, Vincenzo De Silva dalam sebuah pernyataan.

"Membantu keahlian internal perusahaan untuk tumbuh sudah penting hari ini untuk siap ketika saatnya tiba untuk menempatkan Ducati listrik jalanan pertama ke dalam produksi," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini