Share

Kenali 4 Penyebab Oli Transmisi Mobil Matik Bocor, Berikut Cara Mengatasinya

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 08 Juli 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 52 2625634 kenali-4-penyebab-oli-transmisi-mobil-matik-bocor-berikut-cara-mengatasinya-yn38MTc7Yc.jpg Transmisi matik (Sidomi)

PENYEBAB oli transmisi mobil matik bocor. Sama halnya dengan mobil manual, oli transmisi pada mobil matik berperan penting bagi performa kendaraan.

Umumnya, oli atau pelumas transmisi yang bocor kerap kali menjadi masalah yang dialami oleh mobil matik. Ketika oli transmisi mobil matik bocor, dapat mengganggu kinerja mesin, bahkan jika dibiarkan akan berbahaya dan mengganggu keselamatan berkendara.

Lantas, apa penyebab oli transmisi mobil matik bocor? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini.

Penyebab Oli Transmisi Mobil Matik Bocor

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat 4 penyebab oli transmisi mobil matik bocor, antara lain:

1. Seal atau gasket rusak

Seal karet yang bertindak sebagai perapat untuk menahan oli transmisi keluar rentan rusak jika oli transmisi sudah terlalu kotor. Begitu pula gasket yang menjadi getas akibat pemakaian yang terlalu lama.

ilustrasi

Kebocoran oli transmisi dapat muncul dari area seal karet dan gasket. Tak perlu khawatir, kondisi ini dapat diatasi dengan mengganti seal dan gasket yang bocor.

2. Oli transmisi sudah kotor

Perlu diketahui, dalam transmisi otomatis terdapat banyak pelat dan roda gigi yang saling bergesekan. Gesekan antar pelat dan roda gigi itu menghasilkan geram yang dapat terbawa oli transmisi hingga ke filter oli.

Jika oli transmisi sudah terlalu kotor, maka filter oli tidak mampu lagi menampung. Sehingga geram yang terbawa akan terus bersirkulasi dengan oli hingga ke seal dan menggosoknya.

Jika kondisi ini berlangsung terus, seal dapat robek dan oli pun merembes keluar dari transmisi. Maka perlu dilakukan penggantian oli transmisi otomatis secara berkala agar terbebas dari kebocoran oli transmisi.

3. Baut pembuangan oli

Kondisi baut yang tidak rapat atau retak juga dapat membuat oli transmisi mengalami kebocoran. Umumnya disebabkan kurang cermat saat pemasangan baut. Jika kondisi seperti ini, perlu dilakukan penggantian baut pembuangan oli dan melihat apakah ada kerusakan pada ulir baut.

4. Mengalami Benturan

Bocornya oli transmisi otomatis juga dapat disebabkan oleh benturan. Jika ban depan mengalami benturan cukup keras, dapat membuat oli transmisi bocor. Sebab, benturan dapat mendorong as roda depan ke arah transmisi.

Begitupun jika kolong mobil pernah mengalami benturan dan mengenai bak oli transmisi. Baik benturan dengan gundukan maupun batu.

Demikian 4 penyebab oli transmisi mobil matik bocor yang wajib diketahui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini