Share

6 Mobil Cocok Pakai Pertalite Berdasarkan Kompresi Mesin

Wahyu Sibarani, Koran SI · Sabtu 09 Juli 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 52 2625834 6-mobil-cocok-pakai-pertalite-berdasarkan-kompresi-mesin-429i2WP9vp.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

TERDAPAT enam mobil yang cocok pakai Pertalite berdasarkan kompresi mesin. 

Saat ini Pertalite memiliki Research Octane Number (RON) 90. Angka tersebut menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang mesin.

Penggunaan bahan bakar yang sesuai rekomendasi, maka pembakaran yang terjadi di ruang mesin pun akan lebih sempurna.

Selain itu berpengaruh juga terhadap keawetan komponen mesin kendaraan. Nah, RON 90 yang dimiliki oleh Pertalite tentu akan sangat bermanfaat jika diberikan ke mobil yang memang sesuai.

Terutama sesuai dengan kompresi mesin. Mobil-mobil yang cocok pakai Pertalite diketahui adalah mobil yang memiliki mesin kompresi 9-10.

Sebaliknya kendaraan dengan rasio 10-11 cocok mengkonsumsi BBM Pertamax atau RON 92. Sementara itu, kendaraan dengan rasio kompresi 11-12 pakai RON 95.

Jika tidak sesuai, maka mobil Anda akan mengalami penurunan performa seperti tarikan mesin lebih lambat, bahan bakar lebih boros, dan nglitik pada mesin.

Untuk mengetahui kompresi mesin mobil Anda dapat dilakukan dengan melihat buku manual yang diberikan penjual mobil atau dealer mobil.

Nah dari buku tersebut Anda bisa mengetahui apakah mobil Anda layak menenggak Pertalite atau tidak.

Selain buku, Anda juga bisa memanfaatkan informasi spesifikasi dari situs-situs resmi distributor mobil di Indonesia.

Berikut ini beberapa yang cocok pakai Pertalite berdasarkan kompresi mesin yang sesuai. Yuk, cermati:

1. Honda Mobilio

Honda mobilio memiliki kompresi mesin 10,3:1. Sehingga mobil ini cocok untuk BBM yang memiliki oktan 92, seperti Pertamax. Namun apabila menggunakan RON 90 juga masih diperbolehkan.

infografis

Untuk Avanza varian 2019 ke atas disarankan menggunakan BBM Pertamax karena jika tidak menggunakan Pertamax maka performa mesin akan tidak maksimal. Namun, untuk varian lama masih diperbolehkan menggunakan jenis BBM Pertalite.

3. Toyota Agya

Toyota Agya masih bisa menggunakan BBM dengan RON 90 atau Pertalite bahkan RON 89 atau Premium. 

Follow Berita Okezone di Google News

4. Toyota Kijang Innova

Toyota Innova 2016 masih menggunakan bahan bakar RON 90 atau Pertalite.

5. Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max disarankan untuk menggunakan jenis BBM RON 90. Pasalnya mobil ini memiliki kompresi 10,0:1. Jadi masih layak menenggak Pertalite.

6. Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2017

Toyota Rush dan Daihatsu Terios produksi 2017 berbagi mesin yang sama yakni 3SZ-VE. Mesin yang masih single VVT-I ini punya rasio kompresi 10,0:1. Jadi masih layak minum Pertalite.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini