Share

5 Cara Bikin Tarikan Mobil Enteng, Yuk Dicoba!

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 10 Juli 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 52 2626589 5-cara-bikin-tarikan-mobil-enteng-yuk-dicoba-Z0DXvQwsPU.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

MOBIL dengan tarikan enteng tentu akan menciptakan rasa nikmat saat berkendara. Kalian para pemilik mobil pastinya ingin dong mobil kesayangan kalian punya tarikan yang bena-benar enteng.

Nah sebenarnya agar tarikan mobil enteng ada caranya loh. Tanpa berlama-lama lagi, betikut ini adalah 5 cara bikin tarikan mobil enteng, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Rutin mengganti oli

Jika ingin meningkatkan tarikan dan performa mobil kalian harus rutin mengganti oli. Pada mobil baru biasanya penggantian oli dijadwalkan dalam kilometer atau bulan tertentu.

Tetapi tidak hanya berpatok pada itu, kalian juga bisa mengganti oli ketika tarikan mobil mulai menurun. Dan pastikan menggunakan oli dengan kualitas yang lebih tinggi.

 infografis

Pastikan busi dalam keadaan baik

Busi merupakan bagian yang sangat sederhana namun sangat penting sekali bagi mobil. Busi berkaitan dengan proses pembakaran, yang tentunya ini juga berkaitan dengan performa mesin.

Pastikan kondisi busi dalam keadaan baik. Segera bersihkan atau ganti busi jika sudah ditemukan berkerak karena efeknya mobil akan berat untuk jalan dan terdengar suara yang kasar.

Rajin bersihkan filter udara

Fungsi filter udara adalah untuk menyaring udara dari luar yang akan masuk ke bagian ruang bakar. Apabila filter udara kotor, maka akan berakibat tidak baik seperti membuat mesin menjadi bermasalah.

Bagi kalian yang ingin tarikan mobil enteng bisa lakukan pembersihan filter udara sekitar 2500 km hingga 5000 km. Jika sudah melebihi itu, segera ganti filter udara dengan yang baru.

Gunakan velg berbahan aluminum

Perlu diketahui bahwa velg berbahan aluminum atau alloy mempunyai bobot yang ringan. Dengan demikian, akan membuat tarikan mobil menjadi lebih ringan, mobil mampu bermanuver lebih baik di jalan.

Selain membuat tarikan mobil lebih ringan, velg berbahan aluminum juga dapat membuat mobil lebih mudah untuk dikendalikan. Ini karena bobot ringan juga memperbaiki gaya gesek maksimal mobil.

Kurangi barang bawaan

Beban yang berlebihan merupakan hal yang kurang baik karena dapat memberatkan kinerja dari mesin sehingga menurunkan performa mesin. Untuk itu, coba kurangi barang bawaan yang tidak diperlukan.

Dengan cara ini akan membuat tarikan mobil menjadi lebih enteng. Bila perlu, gunakan part-part mobil dengan bahan yang ringan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini