Share

Catat! 6 Tips Beli Mobil Bekas, Jangan Sampai Endingnya Mengecewakan

Tangguh Yudha, MNC Portal · Senin 11 Juli 2022 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 52 2627039 catat-6-tips-beli-mobil-bekas-jangan-sampai-endingnya-mengecewakan-0j9Fu9VMcV.jpg Mobil bekas (Okezone)

MOBIL bekas selalu jadi primadona bagi masyarakat di tengah mahalnya harga kendaraan baru. Membeli mobil seken memang butuh kehati-hatian dan wajib teliti, karena jika tidak maka bisa-bisa kecewa pada akhirnya.

Beberapa hal yang patut diperhatikan adalah melihat kondisinya, jangan sampai membeli mobil misalnya bekas terendam banjir, bekas tabrakan parah, atau bahkan mobil curian. Ini tentu saja akan jadi masalah dikemudian hari.

Bagi yang berencana membeli mobil bekas ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai berikut :

1. Cari sesuai kebutuhan

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mencari tahu jenis mobil apa yang dibutuhkan. Pastikan mobil yang dibeli benar-benar bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak timbul penyesalan.

 BACA JUGA:10 Mobil Bekas yang Paling Cepat Laku di Dunia, Tesla Kalahkan BMW

Jika ingin membeli mobil yang bisa mengangkut seluruh anggota keluarga, bisa pilih mobil MPV atau SUV 7 seater. Namun jika hanya untuk kebutuhan sendiri di perkotaan bisa pilih city car yang berukuran kecil.

Mengingat saat ini ada banyak informasi yang bisa ditemukan di internet, maka gunakanlah internet untuk menggali informasi tentang mobil yang dibutuhkan. Bisa membaca review di website atau video di YouTube.

 ilustrasi

2. Kenali Harga Pasaran Mobil saat Ini

Ada baiknya sebelum membeli mobil bekas survei terlebih dahulu harga di pasaran. Caranya ialah dengan melihat harga mobil sejenis dengan tahun pembuatan yang sama dan penjualnya masih berasal dari satu daerah.

Penting sekali untuk tahu harga pasaran mobil baru dan bekas saat ini. Mengetahui harga pasaran mobil juga menghindari diri kita agar tidak tergiur dengan tawaran mobil harga murah berkualitas buruk.

 BACA JUGA:Tips Jual Mobil Bekas, Jangan Cuma Pasang Foto di Platform Digital

3. Melihat Sejarah Pemakaian Kendaraan

Tidak dapat dipungkiri, setiap mobil bekas memiliki sejarah pemakaian yang berbeda-beda. Ada yang dirawat dan diservis secara berkala sehingga kondisi mesin masih oke, tapi ada juga yang tidak diurus.

Sejarah pemakaian ini bisa dilihat sekilas dari kondisi interior dan eksteriornya. Sementara untuk kondisi yang lebih mendalam bisa diperiksa oleh mekanik atau rekan yang mengerti tentang mobil.

Jangan lupa perhatikan total jarak tempuh kendaraan. Semakin tinggi total kilometer maka kondisi mobil semakin lelah. Untuk meyakinkan mobil benar-benar oke bisa juga lakukan test drive.

4. Periksa Surat Kendaraan

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli mobil bekas. Salah satunya adalah soal surat-surat kendaraan. Pastikan STNK dan BPKB sesuai dengan plat mobil dan cek juga nama pemilik mobil.

Melalui BPKB kita akan tahu apakah kendaraan sudah sering diperjualbelikan atau baru di tangan pertama. Mengetahui surat ini juga bertujuan agar kita tidak membeli mobil curian.

5. Mencocokan Nomor Rangka dan Mesin

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah mengecek nomor mesin dan rangka pada mobil. Pastikan nomor yang tertera pada rangka dan mesin harus sama dengan yang tertulis pada surat kendaraan.

Bagian ini seringkali terlewatkan tetapi bisa berakibat sangat fatal. Apabila nomor tidak cocok pada surat sebaiknya jangan dibeli. Karena mungkin saja kendaraan tersebut hasil curian.

6. Jangan Terburu-Buru Membayar

Hindari juga untuk langsung memberikan uang muka dengan iklan penjualan yang dilihat tanpa mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Jangan hanya karena mobil idaman, lantas tergesa-gesa membayar.

Alasan apapun yang ditawarkan oleh penjual seperti agar monil tidak dibeli orang lain sebaiknya jangan terlalu dihiraukan. Apalagi jika pembelian dilakukan secara online dan diharuskan transfer untuk uang muka. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini