Share

3 Cara Mengetahui Bearing Roda Mobil Rusak

Tangguh Yudha, MNC Portal · Senin 11 Juli 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 52 2627043 3-cara-mengetahui-bearing-roda-mobil-rusak-90CnWnfgZx.jpg Ilustrasi ban mobil (Eyetyres)

FUNGSI bearing roda mobil sangatlah krusial, yakni sebagai bantalan yang menjadi dudukan poros as roda. Bearing roda mobil harus selalu dalam kondisi prima agar manuver dan pengendalian kendaraan selalu maksimal.

Tapi sayangnya kerusakan bearing roda sering tidak disadari mengingat gejala yang muncul sulit dibedakan dengan masalah lainnya. Dan membiarkannya rusak dalam jangka waktu yang lama tentu akan sangat berbahaya.

 BACA JUGA:5 Cara Bikin Tarikan Mobil Enteng, Yuk Dicoba!

Bearing roda yang rusak akan berpengaruh terhadap stabilitas kendaraan yang membuat mobil menjadi sulit untuk dikendalikan. Nah agar masalah tidak berlarut-larut, berikut ini adalah cara mengetahui bearing roda mobil rusak, melansir dari berbagai sumber.

 

1. Muncul suara kasar pada roda

Tanda-tanda bearing roda mobil rusak adalah akan muncul suara kasar di bagian kaki-kaki. Suara berisik tersebut bahkan bisa muncul meski mobil hanya melaju pelan dan akan semakin nyaring ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

 BACA JUGA:Yuk, Kenali Fungsi Pompa Oli Mesin Mobil dalam Sistem Pelumasan

2. Terasa getaran yang mengganggu

Tidak hanya menimbulkan suara kasar, bearing roda mobil yang rusak juga bisa diketahui dari munculnya getaran yang mengganggu. Dan inilah yang berbahaya karena berpengaruh terhadap stabilitas kendaraan. Mobil jadi lebih susah dikendalikan.

3. Lampu ABS menyala

Bearing roda mobil rusak juga bisa diketahui dari lampu ABS yang terus-terusan menyala. Seperti diketahui, sensor ABS sendiri terhunung pada bagian cincin bearing, jika ada masalah di bearing tentu sensor ini juga akan terdampak.

 ilustrasi

Itulah beberapa cara mengetahui bearing roda mobil rusak. Jika mobil kesayangan memiliki tanda-tanda yang telah disebutkan di atas, segera bawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Jangan biarkan bearing yang rusak karena akan sangat berbahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini